Sukses

Cube Mini Ini Bisa Streaming Tanpa Koneksi Internet

Cube mini bernama Link ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 2 Terabit dan dapat terkoneksi pada 20 perangkat sekaligus.

Liputan6.com, Las Vegas - Kini, setiap orang memiliki banyak pilihan untuk menyimpan data, mulai dari flash drive, microSD, hingga perangkat penyimpanan eksternal, yang kapasitasnya lebih besar dan lebih cepat.

Namun tetap saja, perangkat semacam itu dianggap merepotkan karena membutuhkan card reader atau kabel untuk menyambungkannya ke perangkat lain. Belum lagi, terkadang komputer jinjing tak bisa 'membaca' card reader tertentu. 

Nah, perangkat penyimpanan ini mungkin bisa mengatasi berbagai hal di atas. Fasetto, startup di bidang cloud storage baru saja merilis 'Link' di ajang tahunan Consumer Eelectronics Show (CES) 2016, di Las Vegas, Amerika Serikat. 

Perusahaan berbasis di Wisconsin merancang sebuah perangkat nirkabel berbentuk kotak (cube) mungil yang memiliki kapasitas ruang penyimpanan hingga 2 Terabit. Link juga berjalan dengan sistem operasi bawaan, prosesor quad-core ARM, dan RAM sebesar 4 GB. Kurang lebih semacam komputer yang dapat dibawa kapan saja.

Doc: Fasetto

Perangkat apa pun, entah itu Wi-Fi atau Bluetooth, kompatibel dengan perangkat Link yang terkoneksi melalui sebuah aplikasi atau peramban perangkat. Yang menarik, Link dapat terkoneksi pada 20 perangkat dan melakukan streaming pada 7 perangkat di saat sama -- tanpa koneksi internet mobile. 

Ini berarti pengguna tak perlu lagi membawa kabel, adapter, dan card reader. Perlu diketahui, material aluminium CNC dan plastik tahan kejut membuatnya tahan lama selama perjalanan. Kabarnya, Link akan dirilis pada akhir 2016, seperti dilaporkan Venture Beat, Rabu (6/1/2016).

(Cas/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.