Sukses

Google dan Lenovo Garap Project Tango

Kedua perusahaan itu akan bekerja sama untuk mengembangkan smartphone perdana yang menggunakan teknologi Tango

Liputan6.com, Jakarta - Lenovo dan Google akhirnya secara resmi mengumumkan kepastian kerja sama untuk memproduksi smartphone perdana Project Tango.

Hal ini dipastikan langsung oleh Johnny Lee, anggota dari Tim Tango di Google, dalam gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2016 di Las Vegas. Menurutnya, pengalaman dalam ruang dan gerak dari Tango sekarang akan dimasukkan ke dalam ponsel.

Hal senada juga diutarakan oleh Jeff Meredith, Vice President Lenovo. Meredith menuturkan bahwa tujuan dari kerjasama ini adalah untuk menciptakan sebuah perangkat Tango yang lebih mainstream.

"Kami bersama dengan Google akan membawa perangkat untuk konsumen yang dibuat berdasarkan Tango," ujar Meredith, seperti dikutip dari laman Venture Beat, Sabtu (9/1/2016).

Untuk mendukung performa, nantinya smartphone ini akan menggunakan prosesor besutan Snapdragon. Lenovo juga mengungkapkan bahwa smartphone ini akan memiliki layar berukuran 6,5 inci.

Di sisi lain, kendati desain akhir smartphone belum dapat dipastikan, rencananya produk perdana Project Tango ini akan dirilis pada musim panas 2016 dan dibanderol dengan harga di tak sampai US$ 500.

Project Tango sendiri merupakan proyek terbaru Google yang diluncurkan dua tahun lalu. Teknologi project tango memungkinan perangakat untuk memetakan ruang sekitar dalam bentuk 3D dengan menggunakan kombinasi dari kamera dan sensor.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa pengembang aplikasi dengan teknologi Tango dapat merubah rumah menjadi sebuah wahana game atau sebuah lingkungan virtual dan augmented.

Hal ini dapat dilakukan sebab pelacak gerak dari Project Tango bekerja dalam ruangan (indoor), sehingga memungkinkan pengguna untuk memetakan secara tepat kondisi sebuah ruangan.

Selain itu, dengan sensor yang ada di perangkat membuat perangkat dengan teknologi Project Tango dapat menangkap kondisi sebuah ruangan dalam bentuk 3D.

Untuk mendukung teknologi ini juga, Project Tango telah mengundang pengembang untuk mengirimkan ide-ide aplikasi terbaik. Nantinya, pengembang terbaik akan menerima dana dan dipastikan muncul di smartphone besutan Lenovo ini.

(Dam/Cas)

 




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.