Sukses

Langkah Ampuh Hapus Aplikasi Bawaan di iPhone

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan di iPhone, baik secara permanen maupun sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Compass, Stocks, Podcasts, serta beberapa aplikasi bawaan khas Apple lainnya adalah sejumlah aplikasi bawaan yang tersemat secara default di iPhone. 

Namun sayang, tak semua pengguna merasa aplikasi-aplikasi itu benar-benar berguna. Maka tak heran jika banyak dari mereka yang menginginkan aplikasi bawaan tersebut bisa dihapus.

Meskipun beberapa waktu lalu, CEO Apple Tim Cook sempat mengutarakan bahwa tidak tertutup kemungkinan aplikasi bawaan Apple dapat dihapus di masa mendatang, nyatanya sampai saat ini Apple belum memungkinkan hal itu dapat dilakukan.

Untuk itu, berikut kami berikan beberapa langkah cara menghapus aplikasi bawaan iPhone, seperti dikutip dari laman Telegraph, Senin (18/1/2016).

Ada dua cara yang akan diberikan di sini yakni cara untuk menghapus aplikasi secara permanen dan sementara.

Cara menghapus aplikasi bawaan iPhone

1. Langkah pertama adalah mendaftar iOS beta programme sehingga pengguna dapat mengunduh iOS 9.3 versi beta untuk publik. Namun, disarankan sebelum memulai langkah ini pengguna terlebih dahulu melakukan backup data.

2. Setelah selesai mendaftar, masuk ke Setting, pilih General, lalu Software Update untuk mengunduh iOS 9.3 beta.

3. Tahap ketiga, unduh Apple Configurator 2.2 beta terlebih dahulu. Namun sebelum itu, pengguna diwajibkan mendaftar keanggotaan dengan biaya US$ 120 atau sekitar Rp 156 ribu.

4. Dari situ, pengguna dapat langsung menyetel pengaturan, dengan memilih opsi "Do not allow some apps". Lalu, pengguna cukup menuliskan perintah untuk menghapus aplikasi yang ingin dihapus, contohnya "com.apple.stocks" untuk aplikasi Stocks. Setelah itu, aplikasi akan terhapus secara langsung dari iPhone.

Berikut beberapa perintah yang dapat digunakan:

Perintah untuk menghapus aplikasi bawaan di iPhone (sumber: reddit.com)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Cara menghapus aplikasi bawaan iPhone untuk sementara

1. Pertama-tama, pindah aplikasi yang ingin dihapus ke sebuah folder. Namun, perlu diketahui bahwa tahap-tahap dalam cara ini hanya dapat digunakan pada iOS versi 9.

2. Tekan dan tahan sehingga aplikasi bergoyang, layaknya akan dipindah atau dihapus.

3. Seret aplikasi tersebut sampai pinggir folder sehingga berpindah halaman. Pada tahap ini, pertahankan kondisi tersebut di halaman itu.

4. Sambil masih dalam posisi menahan aplikasi itu, tekan tombol Home. Seketika juga, aplikasi akan terbang menghilang ke batas layar.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa cara ini hanya menghilangkan aplikasi untuk sementara. Setelah iPhone di-restart, aplikasi akan kembali muncul.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.