Sukses

Waspada! Chrome Bisa Curi Barang dari Steam Anda

Baru-baru ini terjadi kasus dimana pengguna Chrome menjadi korban penipuan Steam.

Liputan6.com, Jakarta - Hati-hati bagi Anda pengguna Chrome! Baru-baru ini terjadi kasus di mana pengguna Chrome menjadi korban penipuan Steam. Dengan menggunakan extensions di Google Chrome, pelaku penipuan mampu mencuri barang-barang di invetaris Steam dan mengirim barang tersebut ke akun Steam milik pelaku.

Seperti yang Tekno Liputan6.com lansir dari TechTimes, seorang peneliti di Panda Security mengungkap penipuan ini via Teamfortress.tv. Secara gamblang Bart Blaze mengungkap extensions seperti CSGODouble Theme Changer, CS:GO Double Withdraw Helper, Csgodouble AutoGambling Bot, dan update-an CSGODouble.

Seperti namanya, extensions ini menargetkan player Counter Strike Global Offensive (CS:GO). Pelaku dengan nama Delta sempat mengiklankan jika extensions tersebut dapat difungsikan sebagai bot auto-gambling atau bantu saat transaksi Steam.

Kejahatan siber saat ini makin canggih dan kreatif guna menipu user Steam yang tidak teliti. Salah satu cara untuk meminimalisir hal-hal macam ini, user Steam diharapkan untuk cek berkali-kali extensions yang akan di install, baik itu gambar, screensaver, atau tema.

Hal lainnya yang harus diingat adalah jangan pernah percaya dengan aplikasi pihak ketiga. Apalagi aplikasi pihak ketiga tersebut tidak dirilis resmi di marketplace dan menawarkan hal-hal yang tidak masuk akal, seperti install game gratis atau semacamnya.

Ini bukan lah kasus penipuan pertama di Steam. Akibat kasus ini, Valve langsung meng-update kebijakannya tentang hal ini. Jika dulu user dapat minta Steam untuk mengembalikan barang-barang yang dicuri, sejak Juni lalu Steam tidak akan melakukan hal tersebut.
 
(Ysl/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.