Sukses

Opera Mini Terbaru Dapat 3 Perbaikan Sekaligus

Hadir dukungan yang lebih baik untuk fitur bahasa, QR code reader dan perbaikan download manager di versi terbaru Opera Mini untuk Android

Liputan6.com, Jakarta - Para pengguna di sejumlah negara berpopulasi tinggi seperti India, Indonesia, dan Nigeria umumnya masih menuturkan bahasa asli. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengembang aplikasi dan games di seluruh dunia. Alasannya, sebagian besar pengguna harus menggunakan layanan yang tersedia dalam bahasa kedua.

Menyusul langkah perusahaan-perusahaan lain yang telah lebih dulu mengakomodasi hal ini, seperti Netflix yang belakangan ini diluncurkan di 130 negara, Opera memberikan dukungan bagi para penggunanya untuk memilih bahasa yang lebih disukai dan lebih relevan bagi mereka.

Merujuk pada data yang diterbitkan McKinsey, kemampuan berbahasa menjadi salah satu penghalang terbesar untuk adopsi internet, yang menimbulkan kesulitan dan ketidaknyamanan dalam menggunakan teknologi digital. Ini terjadi di negara-negara berkembang, di mana terdapat 100 juta pengguna Opera Mini dengan sistem Android.

Di versi awal Opera Mini, tampilan bahasa disetel menyesuaikan dengan bahasa yang digunakan di sistem Android. Namun di Opera Mini versi terbaru, pengguna dapat memilih 1 dari 90 bahasa yang ditawarkan.

Bahasa yang paling umum digunakan di suatu negara pengguna akan duduk di urutan pertama di menu pengaturan. Ketika melakukan pembaruan versi, pengguna juga akan diminta menetapkan pengaturan ini. 

"Kami terus berupaya untuk memberikan layanan internet bagi semua orang, dengan cara membuat akses internet lebih mudah, meski berada di jaringan yang tidak stabil, dengan teknologi kompresi kami. Kini kami juga berusaha memastikan bahwa browser kami mudah digunakan dan dipahami oleh semua orang," jelas Christian Uribe, Manajer Produk Opera Mini, dalam keterangan resmi yang tim Tekno Liputan6.com terima.

Lebih lanjut ia berujar bahwa pihaknya berencana untuk menambahkan bahasa Jawa ataupun bahasa daerah lainnya yang relevan dengan pengguna Opera Mini di Indonesia. Melihat tanggapan positif para pengguna Opera Mini di Indonesia melalui media sosial, ia menilai, bahasa Jawa tampak cukup diminati sebagai bahasa yang diinginkan pengguna di Indonesia

Pengaturan Download dan Pendeteksi Kode QR

Sebagai tambahan, Opera Mini juga memboyong fitur pembaca dan pembuat QR code, serta fitur download manager yang lebih canggih.

"Melalui QR code kita bisa memindai dengan kamera ponsel secara mudah dan dapat langsung melihat konten yang diinginkan. Kami menyertakan QR code generator untuk mempermudah Anda membuat QR code jika Anda hendak berbagi tautan dengan teman di sekitar Anda," terang Uribe.

Tak ketinggalan, fitur download manager juga mendapat sentuhan perbaikan.

"Kami telah melakukan banyak penelitian tentang bagaimana kami dapat meningkatkan kemampuan download pada browser, karena kami memahami bahwa pengguna sangat peduli akan hal tersebut. Kami pun telah banyak melakukan perubahan untuk meningkatkan stabilitas dan kecepatan download," tandasnya.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini