Sukses

Astronom Cantik Beatrice Tinsley Nongol di Google Doodle Hari Ini

Astronom cantik Beatrice Tinsley muncul di Google Doodle hari Ini. Kontribusinya di dunia astronomi pun bisa dibilang sangat besar.

Liputan6.com, Texas - Google kembali menghiasi halaman pencariannya dengan doodle karakter wanita yang memegang teleskop dengan pemandangan penuh bintang. Ya, wanita tersebut adalah seorang astronom bernama Beatrice Tinsley, yang hari ini berulang tahun ke-75.

Seperti dilansir The Independent, Rabu (26/1/2016), Tinsley lahir di Inggris, dan menghabiskan masa kecilnya di Selandia Baru. Pada saat itu, wanita cantik ini memiliki minat yang besar di ilmu astronomi. Beranjak dewasa, Tinsley pindah ke Texas, Amerika Serikat pada 1970 silam.

Tinsley menikah dengan suaminya Brian Tinsley yang merupakan teman sekampusnya. Di waktu yang bersamaan, ia akhirnya ditawari beasiswa di Center for Advanced Studies Texas dan mendapat gelar PhD, Profesor Astronomi di Universitas Yale.



Kontribusi Tinsley di dunia astronomi pun bisa dibilang sangat besar. Karyanya diklaim membantu pemahaman para astronom mempelajari perkembangan galaksi dari masa ke masa.

Bahkan, ia mengaku banyak dipengaruhi teori Big Bang dan mampu mengubah metode standar yang biasanya digunakan untuk menentukan galaksi berjarak jauh.

Tinsley sempat menerbitkan beberapa makalah yang begitu berpengaruh di dunia astronomi. Sayang, pada 23 Maret 1981 silam, ia meninggal dunia karena penyakit kanker yang menggerogotinya, setelah 10 hari tulisan terakhirnya dimuat di jurnal.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini