Sukses

Google Doodle Peringati 130 Tahun Hidetsugu Yagi Penemu Antena

Melalui doodle yang ditampilkan di mesin pencari, Google memperlihatkan penemuan antena oleh Hidetsugu Yagi berkembang ke seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Google selalu punya cara unik untuk memperingati sebuah peristiwa penting melalui laman pencarinya. Kali ini, melalui ilustrasi doodle, Google ingin merayakan hari jadi Hidetsugu Yagi yang ke-130 tahun.

Hidetsugu Yagi sendiri merupakan seorang insinyur asal Jepang. Ia dikenal sebagai salah satu penemu teknologi antena. Dalam mengembangkan antena, ia tidak sendirian, melainkan dibantu oleh rekannya, Shintaro Uda, yang juga turut mengembangkan dan menyebarkan teknologi ini.

Dikutip dari laman Google Doodle, Kamis (28/1/2016), berkat antena yang diberi nama Yagi antenna ini, pesawat radio dan televisi dapat menerima sinyal lebih kuat dari arah yang spesifik. Hal ini jelas dapat membantu menghindari gangguan dari sinyal di sekitarnya.

Yagi diketahui mulai tertarik dengan teknologi komunikasi nirkabel sejak tahun 1919. Ketika itu, ia sudah mampu memperkirakan bahwa gelombang pendek akan jadi elemen utama untuk komunikasi. Untuk itu, ia kemudian mengembangkan teknologi antena dan dipatenkan pada 1926.

Saat ini temuannya pun masih terus dinikmati. Berkat antena, pengguna di seluruh dunia mampu menikmati siaran radio dan televisi tanpa gangguan. Dari antena itu juga, Yagi termasuk ke dalam daftar 10 Penemu Hebat Jepang dari Kantor Paten Jepang di tahun 1985.

Bentuk apresiasi Google terhadap penemuan Yagi digambarkan dengan ilustrasi dari Alyssa Winan. Dalam doodle tersebut, diperlihatkan Yagi dan Uda sedang mengatur antena. Lalu, diikuti oleh rumah lain yang menggambarkan adopsi teknologi ini di banyak tempat.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini