Sukses

'Petuah' Bos Bukalapak untuk Para Lulusan IT

Bagi Anda yang berniat bekerja di bisnis digital nanti, mungkin 'petuah' ini wajib Anda simak.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang tengah mengemban ilmu engineering software di bangku kuliah dan berniat bekerja di bisnis digital nanti, mungkin 'petuah' ini wajib Anda simak.

Sebagai orang nomor 'satu' di divisi IT, Nugroho Herucahyono selaku Chief Technology Officer Bukalapak, pasti tahu betul bagaimana untuk menjadi tenaga kerja IT andal di Tanah Air.

"Secara keilmuan, lulusan baru engineering software masih berada di titik terdasar industri digital, kenapa? Waktu kuliah belum mewakili keadaan sesungguhnya dari seorang software engineer," ungkapnya di Jakarta Selatan.

Menurutnya, masa kuliah yang berkisar 4-5 tahun, terbilang singkat, dan belum cukup untuk memahami betul pekerjaan di bidang itu.

"Nah, kami ingin tanamkan kepada mereka bahwa ilmu yang mereka kenyam baru sebatas dasar," imbuh Nugroho.

Ia mengimbau agar para lulusan baru (fresh graduate) agar jangan terlena dengan ilmu yang telah diperoleh semasa kuliah. Artinya, mereka harus mengembangkannya kembali di dunia kerja.

"Jangan merasa sudah lulus, mereka langsung merasa itu sudah cukup, karena pada dasarnya dunia kerja itu berbeda," tambahnya.

Bahkan menurutnya, tak serta merta lulusan engineering software akan diterima bekerja, meski supply terhadap tenaga IT di Tanah Air belum banyak. Banyak hal yang diutamakan perusahaan digital saat mempekerjakan orang.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.