Sukses

7 Aplikasi Medsos yang Bakal 'Booming' Tahun Ini

Apa saja aplikasi medsos baru tersebut? Apakah Anda sudah meng-instal satu di antaranya?

Liputan6.com, California - Facebook dan Twitter memang menjadi aplikasi media sosial (medsos) terdepan untuk saat ini. Namun, beberapa tahun terakhir ini sudah hadir deretan aplikasi medsos yang tak kalah kerennya seperti Instagram, Snapchat, Vine, Pinterest, dan masih banyak lagi.

Di tahun ini, bukan berarti Anda hanya bisa menggunakan aplikasi medsos yang itu-itu saja. Sudah hadir kumpulan aplikasi medsos yang 'gres' dan kabarnya bakal jadi rival berat Facebook, Twitter, dan kawan-kawannya.

Apa saja aplikasi medsos baru tersebut? Mengutip informasi dari PC Advisor, berikut rangkumannya.

1. Peach

Meski baru dirilis di iOS, Peach sudah cukup mendapat sorotan. Aplikasi yang digarap oleh co-founder Vine ini mengumpulkan beberapa elemen sosial dari aplikasi medsos yang sudah ada ke dalam satu aplikasi saja!

Bayangkan, Facebook, Path, Snapchat, dan Tumblr digabung jadi satu. Pastinya aplikasi ini terasa seru dan ramai.

2. Wanelo



Wanelo merupakan singkatan dari "Want, Need Love". Aplikasi yang sudah hadir di perangkat iOS dan Android ini menghadirkan fitur jejaring sosial yang mengedepankan elemen belanja online.

Menariknya, produk yang ditawarkan berasal dari beberapa produk handmade yang telah dijual lewat e-Commerce Etsy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Yik Yak



Yik Yak memungkinkan pengguna untuk berbagi moments dengan sesama pengguna yang berada di lokasi terdekat.

Aplikasi ini lebih populer di kalangan mahasiswa karena kerap membahas topik yang menarik dan up-to-date.

4. Kik



Kik sebetulnya sudah lebih dulu hadir. Namun, pada tahun ini, aplikasi yang awalnya berfungsi sebagai messenger app tersebut mengubah tampilan antarmuka dan konsepnya menjadi lebih 'luwes' dan atraktif.

Tak hanya melakukan percakapan, Anda pun bisa berbagi foto, video, file GIF, dan permainan dengan sesama pengguna.

5. Shots

Shots digadang-gadang bakal menjadi pesaing Snapchat di tahun ini. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengabadikan foto dan video (yang disebut 'Shots') dari kamera depan dan bisa dibagikan ke sesama pengguna lainnya.

Menariknya, pengguna bisa memberikan efek unik ke foto atau video, seperti efek VHS, efek retro, dan masih banyak lagi.



Tak sampai di situ, developer aplikasi ini juga concern terhadap isu anti-bullying. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, mereka tidak menghadirkan fitur komentar di foto atau video yang dibagikan. Jadi, pengguna bebas mengunggah foto atau video kapan pun dan di mana pun.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Hyper



Tersedia eksklusif untuk iOS, Hyper merupakan aplikasi medsos dengan konsep photo-sharing yang memungkinkan pengguna berbagi foto dengan hashtags dan geotags untuk membuat pengguna lainnya menemukan hal-hal baru.

Selain itu, ada juga sistem voting yang bisa membantu pengguna menjadi lebih percaya diri dengan foto yang diunggah.

7. Bebo

Meski sempat nge-hits di tahun 2000an, kini Bebo kembali hadir dengan segudang pembaruan yang menarik, salah satunya adalah Anda bisa mengkustomisasi karakter avatar yang menarik dan lucu.



Dulu, Bebo menjadi social channel seperti MySpace. Sayangnya, karena hadirnya Facebook dan Twitter, popularitas Bebo kian lekang pada saat itu. 

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini