Sukses

Jika Apple Pay Masuk Indonesia, Telkomsel Mau Kerja Sama?

Telkomsel memang memiliki layanan e-money sendiri, namun pihaknya tetap terbuka dengan kerja sama, seperti Apple Pay

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel punya amunisi baru dalam memperluas layanan e-money T-Cash sebagai alat pembayaran mobile, yakni teknologi Near Field Communication (NFC).

Teknologi tersebut banyak diadopsi oleh penyedia layanan serupa di dunia, sebut saja Apple dan Samsung. Raksasa teknologi tersebut baru saja memperkenalkan layanan dompet digital dengan merek Apple Pay dan Samsung Pay. 

Memang saat ini layanan tersebut belum hadir di Indonesia. Namun, apakah Telkomsel berminat untuk bekerja sama?

"Kami terbuka dan ada willing (untuk kerja sama). Namun, kami belum bisa tanggapi apapun karena kami belum tahu bentuknya (layanan) seperti apa," ujar Herman Suharto, GM Digital Payment & Banking Product Development Telkomsel, Rabu (3/2/2016). 

Ditemui tim Tekno Liputan6.com di kantor pusat Telkomsel di Jakarta, Herman mengakui bahwa teknologi Near Field Communication (NFC) yang diadopsi Apple dan Samsung sangat menjanjikan.

"Begini, kami tetap terbuka dengan apapun, tetapi kami pastikan bahwa kami sudah build ekosistem (e-money dengan teknologi NFC). Pada akhirnya, semua akan ke sana jika ekosistem siap," tutur Herman.

Sebagaimana diketahui, Apple Pay dan Samsung Pay merupakan dompet digital yang juga dapat menjadi alat pembayaran mobile. Layanan ini menggunakan teknologi NFC. 

Apple Pay baru dapat berjalan di perangkat iPhone 6, 6 Plus, Apple Watch, iPad Air 2, iPad Pro, dan iPad Mini 3. Sedangkan, Samsung Pay berjalan di Galaxy 6 Edge, 6 Edge+, Galaxy S6, Galaxy Note 5, dan Galaxy S6 active.

(Cas/Isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.