Sukses

Pro 5 Resmi Jadi Smartphone Ubuntu Terbaru dari Meizu

Edisi Ubuntu terbaru dari Meizu ini bernama Meizu Pro 5 yang mengadopsi desain dari MX4.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi merilis MX4 beberapa waktu lalu, Meizu kabarnya siap merilis smartphone baru berbasis sistem operasi Ubuntu, yakni Meizu Pro 5 Ubuntu Edition. Informasi ini dipastikan langsung oleh Canonical--pengembang Ubuntu--melalui situsnya kemarin.

Mengutip informasi dari laman Digital Trends, Jumat (19/2/2016), Meizu Pro 5 mengadopsi desain Pro 5 versi Android. Selain dari itu, tak ada perubahan berarti pada desain smartphone, termasuk di bagian hardware. Smartphone ini masih menggunakan layar AMOLED berukuran 5,7 inci 1080p.

Meizu Pro 5 didukung dengan chipset besutan Samsung, Exynos 7420, RAM 2GB atau 3GB--tergantung lokasi pemasaran. Dan untuk kapasitas memori, Meizu Pro 5 memberikan pilihan 32GB atau 64GB.

Untuk urusan kamera, Meizu Pro 5 menggunakan sensor Sony dengan resolusi 21MP untuk kamera belakangnya. Untuk kamera depan, seri ini menggunakan kamera berkapasitas 5MP. Untuk mendukung performa smartphone, seri ini tampil dengan baterai berkapasitas 3.050mAh. 

Canonical selaku pengembang Ubuntu hanya menghadirkan perubahan di sisi software. Lewat fitur Scope yang diperbarui, pengalaman pengguna Ubuntu disebut lebih meningkat. Beberapa aplikasi seperti Twitter, SoundCloud, dan YouTube juga hadir dengan fitur yang lebih interaktif, seperti pilihan 'like' atau 'favourite' secara langsung.

Ekosistem di perangkat Ubuntu juga disebut semakin bertambah dengan kedatangan Spotify dan PlayCanvas. Kedua aplikasi ini menambah koleksi aplikasi sebelumnya, seperti Instagram, Twitter, Telegram, Soundcloud, TimeOut, dan Songkick, yang sudah terlebih dulu hadir di platform Ubuntu.

Rencananya, Meizu Pro 5 tersedia secara pre-order dalam gelaran Mobile World Congress 2016 minggu depan. Lalu, setelah itu akan dipasarkan secara global. Sayangnya, Meizu belum membeberkan banderol harga pasti dari Meizu Pro 5.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.