Sukses

Alasan Mengapa Anda Dilarang Pakai Smartphone di Toilet

Penggunaan barang elektronik sejatinya dipergunakan di tempat yang sesuai, bukan toilet.

Liputan6.com, California - Jika Anda membaca artikel ini dengan menggunakan smartphone Anda di toilet, berarti Anda berada di waktu dan tempat yang salah. Sebab, ahli medis mengungkap, penggunaan smartphone di toilet akan memberikan dampak buruk bagi penggunanya.

Apa saja dampak buruk tersebut?

Mengutip laman Sunshine Coast Daily, Selasa (23/2/2016), sebuah artikel yang ditulis oleh seorang ahli dari pusat Epidemiologi dan Kesehatan Umum Nasional menerangkan bahwa para pengguna perangkat seperti smartphone, tablet dan laptop tidak disarankan untuk menggunakannya di toilet.

Seorang ahli kesehatan bernama Dr. MartynKirk mengatakan, penggunaan barang elektronik sejatinya dipergunakan di tempat yang sesuai, bukan toilet. "Saya berpikir mempergunakan barang-barang seperti itu di toilet sungguh menjijikkan," Dr. Kirk menuturkan.

Ia mengatakan hal demikian karena penggunaan smartphone di toilet memiliki risiko kesehatan. Toilet adalah sebuah ruangan yang memiliki banyak media di mana bakteri bisa berpindah ke tangan manusia, salah satunya perangkat smartphone.

"Sebuah ruangan di mana penuh dengan bakteri akan sangat mudah pindah ke tubuh manusia lewat media yang dipegang. Salah satunya smartphone dan beberapa perangkat handheld. Terlebih, jika orang tersebut tidak mencuci tangannya dengan bersih," kata Dr. Kirk.

"Bakteri dan virus tersebut bisa berpindah ke tangan manusia. Parahnya, hal ini bisa menyebabkan penggunanya menderita gastroenteritis, muntah-muntah, dan bahkan sampai menderita penyakit diare."

Dr. Kirk juga mengatakan bahwa smartphone yang kotor juga bisa menjadi salah satu media yang menyebarkan virus bila dipegang oleh tangan manusia.

Hal ini memang dianggap sepele oleh pengguna smartphone. Perlu diingat bahwa penggunaan smartphone di toilet bisa mengakibatkan perpindahan bakteri dan virus. Bahkan, menyebabkan penggunanya menderita penyakit yang tak diinginkan.

Setelah melihat seperti apa risiko dan bahaya yang terjadi, masih inginkah Anda mempergunakan smartphone kesayangan Anda di toilet?

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.