Sukses

Sony Perkenalkan Earphone yang Berfungsi sebagai Asisten Pribadi

Perangkat bernama Xperia Ear ini bisa memberikan informasi mengenai cuaca, jadwal, maupun berita langsung ke telinga pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2016, Sony tak hanya memperkenalkan smartphone terbaru dari seri Xperia. Perusahaan asal Jepang tersebut ternyata turut membawa sebuah bluetooth earphone yang dapat berfungsi layaknya asisten pribadi.

Mengutip informasi dari laman The Verge, Selasa (23/2/2016), earphone ini dapat membantu pengguna mendapatkan informasi mengenai jadwal kegiatan, cuaca, maupun berita terbaru secara langsung tanpa perlu membuka smartphone. Selain itu, perangkat ini juga dapat dikontrol melalui perintah suara untuk melakukan beberapa hal, seperti menelepon, menulis pesan, atau meminta penunjuk arah.

Untuk dapat tersambung dengan smartphone, perangkat bernama Xperia Ear dilengkapi dengan dukungan NFC dan Bluetooth. Perangkat ini juga dapat dikontrol melalui aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya di smartphone.

Tak hanya itu, Sony pun membekali Xperia Ear dengan case khusus yang berfungsi sebagai pengisi daya. Dengan sekali pengisian daya penuh, Xperia Ear diperkirakan dapat digunakan hingga empat jam.

Sony menyebut Xperia Ear akan segera meluncur pada pertengahan tahun ini. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai banderol harga perangkat tersebut.

Selain Xperia Ear, Sony juga memperkenalkan tiga konsep perangkat baru, yakni Xperia Eye, Xperia Projector, dan Xperia Agent. Xperia Eye merupakan kamera 360 derajat dengan kemampuan merekam video dalam waktu cukup lama.

Sementara itu, dua perangkat lainnya diproyeksikan sebagai pendukung fungsi Xperia Ear. Sesuai namanya, Xperia Projector merupakan perangkat yang dapat memproyeksikan gambar ke tembok atau bidang datar lainnya. Tak hanya itu, pengguna juga dimungkinkan untuk berinteraksi dengan tampilan gambar tersebut.

Kemudian untuk Xperia Agent, perangkat ini digambarkan sebagai sebuah robot kecil yang berfungsi layaknya asisten pribadi. Perangkat ini dapat berfungsi layaknya kamera dan proyektor dan mampu menyediakan informasi yang paling sesuai dengan pengguna. Selain itu, perangkat ini juga dapat dikontrol menggunakan suara dan terhubung dengan perangkat pintar lainnya.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.