Sukses

5 Keunggulan VoLTE Dibandingkan Layanan Voice Biasa

Secara sederhana, VoLTE menjanjikan kualitas suara lebih jernih tanpa noise dibandingkan dengan layanan panggilan voice biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Voice over LTE atau VoLTE merupakan salah satu layanan terbaru yang berjalan di jaringan 4G LTE. Di Indonesia, Smartfren merupakan operator telekomunikasi seluler pertama dan satu-satunya untuk saat ini yang sudah menyediakan VoLTE.

Secara sederhana, VoLTE menjanjikan kualitas suara lebih jernih tanpa noise dibandingkan dengan layanan panggilan voice biasa. Operator di bawah naungan Sinarmas tersebut meluncurkan layanan ini secara resmi Jumat (19/2/2016) lalu.

Dalam sesi presentasi di Tasikmalaya usai melakukan network drive test area Garut dan Tasikmalaya, Hartadi Novianto, Mass Product Department Head PT Smartfren Telecom, membeberkan lebih lanjut 5 keunggulan VoLTE.

"Keunggulan pertama, setup call lebih cepat. Jadi panggilan VoLTE ini tersambung lebih cepat daripada panggilan voice biasa. Keunggulan berikutnya, suara VoLTE lebih jernih dengan kualitas HD (High Definition)," kata Hartadi. 

Kemudian, keunggulan berikutnya adalah video call yang stabil dan mudah, serta mudah berpindah dari panggilan voice ke video call. Ya, selain voice over LTE, jaringan LTE juga mendukung video call berbasis LTE.

Adapun keunggulan lainnya dari VoLTE adalah pengguna dapat melakukan panggilan dan download secara bersamaan tanpa ada penurunan kecepatan. "Ini salah satu yang paling menarik. Dengan VoLTE, telepon dan download bisa bersamaan dengan kecepatan yang optimum," jelas Hartadi.

Berdasarkan pengalaman yang sempat dicoba tim Tekno Liputan6.com, saat melakukan panggilan suara di perangkat 4G LTE yang belum VoLTE (baik perangkatnya maupun jaringan operatornya), dan ketika panggilan suara tengah berlangsung, secara otomatis jaringan 4G LTE berpindah ke 3G.

Imbasnya, jika saat itu kita ada file yang sedang dalam proses download, kecepatan download akan menurun drastis. Namun di VoLTE, hal ini tidak terjadi.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini