Sukses

Huawei Gandeng Leica Ciptakan Revolusi Fotografi Smartphone

Keduanya berencana untuk membuat hal baru dalam bidang fotografi smartphone, termasuk menghasilkan gambar terbaik

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dipastikan telah menjalin kerja sama jangka panjang dengan perusahaan kamera asal Jerman, Leica. Informasi ini diketahui langsung lewat pernyataan kedua perusahaan itu beberapa hari lalu.

Dari informasi tersebut, keduanya akan bekerja sama menciptakan hal baru dalam bidang fotografi di smartphone. Kerja sama ini akan mencakup beberapa bidang, seperti penelitan dan pengembangan, desain, co-engineering, user experience, serta distribusi.

"Lewat kerja sama dengan Huawei, Leica akan membawa ahli yang komprehensif untuk dapat menghasilkan gambar terbaik melalui fotografi smartphone," ujar CEO Leica Oliver Kaltner, seperti dikutip dari laman Engagdet, Minggu (28/2/2016).

Sayangnya, tidak disebutkan lebih lanjut bentuk kerja sama yang dilakukan kedua perusahaan ini. Akan tetapi, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, yakni Leica akan menjadi pemasok utama teknologi kamera untuk Huawei, atau bisa juga Leica membantu Huawei mendesain sebuah smartphone kamera.

Leica sendiri bukan pertama kali bekerja sama dengan vendor smartphone. Sebelumnya, perusahaan tersebut juga telah menjadi pemasok lensa untuk smartphone besutan Panasonic, CM1. Tak hanya itu, beberapa kamera mirrorless dari Panasonic juga sudah menggunakan lensa buatan Leica.

Di sisi lain, Huawei sendiri memang dikenal sebagai salah satu pabrikan smartphone terbesar di dunia. Pada 2015, Huawei menjadi perusahaan smartphone asal Tiongkok pertama yang berhasil menjual lebih dari 100 juta perangkat dalam satu tahun.

Untuk itu, beberapa pihak memperkirakan lewat kerja sama ini penggunaan lensa dari Leica dapat diperluas. Sebab, perusahaan tersebut memang dikenal membanderol kamera besutannya dengan harga yang cukup tinggi.

(Dam/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini