Sukses

Belum Penuhi TKDN, Infinix Zero 3 Belum Bisa Akses 4G

Infinix Zero 3 belum penuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk smartphone 4G sehingga belum bisa digunakan untuk layanan 4G.

Liputan6.com, Jakarta - Seri smartphone flagship dari Infinix, Zero 3, memang sudah mendukung jaringan 4G. Tapi ternyata fitur itu belum bisa digunakan di Indonesia.

Hal ini disebabkan Zero 3 belum memenuhi peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri untuk smartphone 4G yang rilis di Tanah Air. 

"Infinix Zero 3 sudah 4G ready," ujar Marcia Sun, Country Manager Infinix Indonesia, saat acara peluncuran Infinix Zero 3 di Jakarta, Senin (29/2/2016).

Maka itu, smartphone yang akan dihadirkan di pasar Indonesia hanya dapat menggunakan jaringan 3G terlebih dulu.  

Hal itu juga ditegaskan oleh Marketing Manager Infinix Mobility Indonesia Anis Thoha Manshur pada kesempatan yang sama. Kendati demikian, ia memastikan begitu pengurusan TKDN sudah selesai, Zero 3 bisa digunakan pada jaringan 4G di Tanah Air. 

"Untuk mengubah jaringan sebenarnya tidak terlalu sulit. Jadi, setelah TKDN selesai, jaringan 4G di Zero 3 kita buka," ujar Anis. Lebih lanjut ia menuturkan salah satu cara untuk membuka jaringan dapat dilakukan dengan pembaruan software.

Hanya, Anis belum dapat memastikan kapan pembukaan jaringan 4G dapat dilakukan, sebab hal tersebut masih menunggu kepastian dari PT Haier selaku rekanan Infinix terkait pengurusan TKDN.

Sebagai informasi, Infinix sendiri memang baru mengumumkan kerja sama dengan PT Haier Electrical Appliances Indonesia (Haier) sebagai rekanan dalam perakitan lokal. Pembicaraan kerja sama ini disebut mulai dilakukan sejak tahun lalu.

Setelah itu, pada Januari lalu, keduanya resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menegaskan kerja sama tersebut.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.