Sukses

Asyik, Sekarang Bisa Kirim Dokumen Lewat WhatsApp

Lewat pembaruan yang diberikan, pengguna WhatsApp saat ini bisa saling berkirim file berformat pdf.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kembali menambah fitur pengiriman untuk aplikasinya. Setelah bisa berkirim file audio, video, dan gambar, kali ini aplikasi milik Facebook itu memungkinkan penggunanya berkirim dokumen.

Mengutip informasi dari laman NDTV, Rabu (2/3/2016), kehadiran fitur ini bersamaan dengan pembaruan versi 2.12.453 untuk Android dan versi 2.12.4 untuk iOS. Setelah melakukan pembaruan, pilihan berkirim dokumen akan otomatis muncul pada opsi lampiran di halaman chatting.

Fitur berkirim pesan yang kini hadir di WhatsApp
Untuk saat ini, fitur pengiriman dokumen memang hanya mendukung file berbentuk pdf. Namun, tidak tertutup kemungkinan fitur ini mendukung file dokumen lain, seperti Pages, Sheets, maupun Slides.

Selain itu, kehadiran fitur berkirim video ini juga mengubah tampilan opsi ketika pengguna ingin berkirim foto atau video. Dengan pembaruan ini, pilihan berkirim video tak lagi ditampilkan di halaman awal. Jadi, pengguna yang ingin berkirim video dapat memilih kamera atau langsung dari galeri.

Pembaruan ini sudah tersedia dan dapat diunduh oleh semua pengguna, baik iOS maupun Android.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah melakukan pembaruan untuk pengguna platform Android. Lewat pembaruan tersebut, WhatsApp menghadirkan lebih banyak emoji termasuk kategori baru yang sebelumnya tidak ada.

Penambahan fitur ini secara tak langsung menegaskan posisi WhatsApp sebagai salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia. Berdasarkan laporan terbaru, pengguna aktif WhatsApp saat ini telah mencapai 1 miliar pengguna.

WhatsApp sendiri sejak awal tahun tidak lagi memberlakukan biaya berlangganan selama 1 tahun. Perusahaan itu berencana untuk mendapatkan pemasukan dari monetisasi komunikasi antara korporasi dan individu.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.