Sukses

Microsoft Bakal Hadirkan Pembaruan Besar untuk Windows 10

Pembaruan dengan kode 'Redcode' ini akan dirilis dalam dua tahap.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft disebut memiliki rencana besar untuk pengguna Windows 10 tahun ini. Perusahaan asal Redmond tersebut akan menghadirkan pembaruan dengan kode 'Redmond' untuk sistem operasi Windows teranyar itu.

Informasi ini pertama kali diketahui dari laman WinBeta beberapa waktu lalu. Pembaruan ini dipastikan gratis dan dapat langsung diunduh oleh perangkat Windows 10, sama seperti pembaruan besar di November lalu.

Dilansir dari laman International Business Times, Sabtu (5/3/2016), gelombang pertama dari pembaruan ini, Redstone 1, dijadwalkan meluncur pada Juni mendatang dengan berfokus pada platform 'universal app'. Tak hanya itu, akan ada lebih banyak aplikasi dari iOS dan program Windows lama yang hadir di Windows Store.

Sementara, gelombang kedua diperkirakan meluncur pada awal 2017. Pada pembaruan tahap kedua ini Microsoft akan memunculkan beberapa fitur baru yang tak sempat diluncurkan pada seri sebelumnya, termasuk peningkatan pada aplikasi besutan Microsoft.

Tak hanya itu, Microsoft juga akan menyelesaikan rencana jangka panjang dan pengembangan Windows 10. Untuk itu, peluncuran 'Redstone 2' akan membantu Microsoft mencapai tujuan dan pengembangan fitur lainnya.

Microsoft sebelumnya juga telah melakukan pembaruan besar-besaran pada November tahun lalu. Namun, beberapa pembaruan tersebut terpaksa ditarik karena masalah privasi. Kendati demikian, Microsoft telah merilis patch (tambalan) untuk mengatasi masalah tersebut.

Sekadar informasi, saat ini Windows 10 telah terpasang dan aktif di lebih dari 200 juta perangkat di dunia. Jumlah itu sudah termasuk pemasangan pada PC dan tablet. Microsoft sendiri mengungkapkan bahwa adopsi Windows 10 adalah yang paling cepat sampai saat ini.

Bahkan, Windows 10 saat ini berhasil menjadi sistem operasi paling populer kedua yang digunakan pengguna PC secara global. Sistem operasi yang dirilis pada Agustus lalu ini sudah digunakan sekitar 11,8 persen dari total PC secara global.

*Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini