Sukses

Apple Gandeng Intel untuk Capai LTE Cat.10 di iPhone 7

Intel telah mendapat pesanan untuk sebagian besar dari modem seluler di Apple iPhone generasi berikutnya yaitu iPhone 7.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone andalan Apple berikutnya diduga kuat akan bernama iPhone 7. Kabarnya, smartphone tersebut akan memiliki beberapa 'jeroan' yang dibuat oleh Intel.

Menurut seorang analis di CLSA Securities, yang dikutip dari NDTV, Selasa (8/3/2016), Intel telah mendapat pesanan untuk sebagian besar dari modem seluler di iPhone generasi berikutnya.

Analis tersebut mengklaim Apple sedang mempertimbangkan penggunaan Intel XMM 7360 untuk modem LTE pada iPhone. Chip tersebut sudah mendukung LTE Cat.10, yang menawarkan kecepatan download 450Mbps dan kecepatan upload 100Mbps.

Sekadar mengingatkan, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus mengusung  modem Qualcomm MDM9635, yang menawarkan kecepatan download 300Mbps dan kecepatan upload 50Mbps.

Kendati demikian, masih menurut analis tersebut, Apple tidak ingin benar-benar melepas ketergantungan pada Qualcomm.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa perusahaan pembuat chip tersebut akan memasok sekitar 30 hingga 40 persen dari modem seluler iPhone. Langkah ini akan berdampak negatif pada Qualcomm, yang saat ini memproduksi modem untuk model iPhone.

Kemitraan Apple dengan Intel untuk modem diprediksi akan berdampak negatif sebanyak 4 persen terhadap pemasukan Qualcomm dan 2 persen pada pendapatan. Intel, di sisi lain, akan meraup peningkatan 1,5 hingga 2 persen pada pemasukan dan laba.

Meski berencana melepas ketergantungan pada Qualcomm, Apple tidak berencana untuk benar-benar berpaling dari pembuat Qualcomm. Sebaliknya, analis percaya bahwa Apple akan berpaling kembali ke Qualcomm pada 2017 mendatang.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.