Sukses

Yang Kita Ketahui Seputar iPhone SE Hingga Saat Ini

Sambil menghitung hari ke tanggal perilisan pada 21 Maret 2016, berikut kami rangkum informasi iPhone SE yang kita ketahui hingga sekarang.

Liputan6.com, Cupertino - Dalam waktu hitungan minggu ke depan, produk terbaru Apple akan diperkenalkan ke publik. Jajaran produk terbaru ini tak lain adalah iPhone layar 4 inci dan iPad Pro dengan layar lebih kecil dari seri sebelumnya, yakni 9,7 inci.

Sudah banyak rumor yang beredar mengungkap soal wujud dari iPhone layar 4 inci yang disebut iPhone SE ini. Hanya saja, Apple masih belum mau membocorkan secuil pun informasi soal iPhone terbarunya tersebut. 

Nah, sambil menghitung hari ke tanggal perilisan pada 21 Maret 2016, berikut kami rangkum informasi seputar iPhone SE yang kita ketahui hingga saat ini.

1. Awalnya Diberi Nama '6c'

Kabar soal iPhone layar 4 inci sudah beredar cukup lama. Konon, awalnya iPhone tersebut akan diberi nama '6c'. Lalu, beberapa saat kemudian berubah lagi jadi '5se'. Malahan. kabar terbaru kini menyebutkan justru bukan '5se' dan '6c'.

Apple justru akan memberi label 'SE' di iPhone terbarunya ini. SE merupakan singkatan dari Special Edition. Diketahui, iPhone SE akan dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Layar 4 inci, Spesifikasi Kelas iPhone 6



Kabarnya, demand para pengguna iPhone terhadap perangkat kecil dengan spesifikasi yang mumpuni dilihat begitu tinggi. Ini menjadi salah satu alasan Apple membesut perangkat iPhone dengan layar yang sama dengan iPhone 5 (4 inci) namun menggunakan spesifikasi setara dengan iPhone 6.

Di antaranya ada kamera utama dan depan (8MP dan 1,2MP), NFC untuk mendukung Apple Pay, sensor barometer, Bluetooth 4.2, VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, serta prosesor A9.

3. Desain Lebih Luwes


iPhone SE memang akan memiliki ukuran yang sama persis dengan iPhone 5. Tetapi, desainnya akan sedikit lebih berbeda, di mana akan menjadi curved seperti iPhone 6.

Bahkan, telah beredar desain iPhone yang dirancang oleh desainer gadget kondang Martin Hajek. Penampakan tersebut beredar di jejaring sosial dan dipublikasikan langsung dari ketiga portal 9to5Mac, OnLeaks, dan curved.de.

Seperti dilaporkan Techno Buffalo, seri iPhone terbaru versi curved.de memiliki desain dan ukuran yang nyaris sama dengan iPhone 5s. Hanya saja, pinggiran iPhone yang berwarna gold ini terlihat lebih halus dan curved seperti iPhone 6, namun dikemas dengan layar yang lebih kecil. Tak lupa, garis panel antena tetap menghiasi kover belakang iPhone SE dengan manis dan apik.



Sedangkan desain iPhone SE versi 9to5mac justru lebih mematenkan gaya desain iPhone 5s. Tidak terlalu banyak perubahan di desain tersebut, hanya warna pink dan putih yang menjadi sorotan.

Sementara, versi onleaks memiliki desain yang mirip dengan versi 9to5mac, namun dibalut dengan material metal berwarna space grey.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Tidak Ada Fitur 3D Touch



Meski memiliki spesifikasi setara dengan iPhone 6, disebutkan bahwa iPhone SE tidak akan menggunakan fitur force touch-nya.

Seperti diungkap, iPhone SE tidak memiliki komponen 3D Touch seperti yang tersemat di iPhone 6s. Ini artinya, iPhone SE tidak akan memiliki fitur 3D Touch dikarenakan layarnya yang begitu kecil dan compact.

Apple sendiri belum memberikan konfirmasi resmi apa memang benar iPhone terbarunya ini tidak akan menggunakan fitur 3D Touch.


**Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini