Sukses

Produsen Ponsel Tiongkok Peniru iPhone 6 Bangkrut

Perusahaan pembuat ponsel yang mirip iPhone 6, Dakele, mengumumkan kebangkrutan.

Liputan6.com, Tiongkok - Pelambatan pasar smartphone yang terjadi di Tiongkok membuat perusahaan startup produsen ponsel Dakele bangkrut.

Informasi dari laman Gizmo China yang dikutip tim Tekno Liputan6.com, Minggu (13/3/2016),Dakele mengumumkan kabar tersebut Kamis waktu setempat.

Pendiri perusahaan Ding Xiuhong membuat pernyataan melalui akun weibo dan dikabarkan hal ini menjadi kejutan tidak menyenangkan untuk para fans ponsel dengan desain mirip iPhone 6 tersebut.

Untuk diketahui, Dakele jadi terkenal di Tiongkok lantaran perusahaan tersebut memproduksi ponsel Dakele 3 yang merupakan 'kembaran' iPhone 6.

Tidak seperti ponsel tiruan lainnya, smartphone Dakele ini hadir dengan spesifikasi yang terbilang canggih sehingga cukup digemari. Selain itu, menurut Gizmo China, ponsel tersebut dibanderol dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar US$ 240 atau Rp 3 jutaan di negara asalnya.

Saat masih beroperasi, perusahaan ini selalu fokus memberikan smartphone dengan harga terjangkau dengan strategi pemasaran yang baik. Namun, meningkatnya kompetisi baik dari pemain ponsel kelas premium dan murah membuat perusahaan tersebut sulit bertahan.

Pernyataan pendiri perusahaan menyiratkan penyebab kebangkrutan ini adalah investor yang tidak lagi menyuntikkan dananya untuk perusahaan hingga akhirnya, perusahaan ditutup.

Tidak mengherankan produsen kecil selalu dibayangi risiko penutupan, terutama ketika mereka tidak fokus menggarap pasar lokal.

Gizmo China menyebutkan, industri ponsel pintar di Tiongkok kini sedang jenuh. Pemain besar seperti Xiaomi yang tahun lalu berharap menjual 80 juta smartphone harus puas dengan angka penjualan 70 juta ponsel pintar.

Hal tersebut menunjukkan betapa pelambatan pasar itu memberi dampak bahkan kepada pemain besar sekalipun. 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini