Sukses

Ini Tanda-Tanda Anda Narsis Di Media Sosial

Generasi sekarang bisa menjadi generasi paling narsis sepanjang sejarah,

Liputan6.com, Jakarta Membicarakan dampak penggunan media sosial sepertinya tidak akan ada habis-habisnya. Salah satu akibatnya mungkin dapat membuat seseorang menjadi introvert.

Penelitian dari Psychology Today menemukan bahwa generasi sekarang bisa menjadi generasi paling narsis sepanjang sejarah, dan hal ini dipicu oleh media sosial. Meskipun tidak membahayakan, orang narsis akut bisa menjadi tipikal orang yang tidak menyenangkan untuk diajak berbicara.

Suka tidak suka, hal ini merupakan isu yang perlu diperhatikan. Dilansir dari Forbes, Sabtu (12/3/2016) berikut adalah tanda-tanda Anda narsis di media sosial.

1. Anda Doyan Selfie

Bila Anda perhatikan, foto selfie menandakan bahwa seseorang mengingkan pujian yang banyak. Ketika selfie, Anda akan mengambil foto yang paling baik dari diri Anda. Orang yang gemar selfie akan sering menggonta-ganti foto profile di media sosial miliknya. Setiap foto terbaru diharapkan memberikan ketertarikan pada dirinya.

2. Anda Kecanduan

Anda akan mengakses media sosial bila tidak ada kerjaan. Ini merupakan tanda lain bahwa Anda merupakan orang yangVnarsis. Hal ini juga mengindikasikan bahwa Anda kecanduan.

Coba ingat-ingat saat Anda mengakses modia sosial, bukan berarti Anda memang sedang mencari sesuatu yang penting. Akibat yang ditimbulkan adalah Anda tidak akan lagi memperhatikan lingkungan sekitarnya.

3. Perang Media Sosial

Orang yang narsis memiliki ciri-ciri lain, yakni senang menjadi pusat perhatian. Dampak yang muncul adalah timbulnya konflik dengan orang lain. Misalnya, orang yang ingin didengarkan pendapatnya.

Topik yang dibicarakan bisa mengenai politik, agama, ataupun hal-hal kecil lainnya. Tujuannya bukan untuk hal yang positif, melainkan respon dari orang lain. Dia ingin dianggap oleh orang lain.

4. Terlalu Banyak "Share"

Riset menemukan bahwa orang yang sering melakukan "share" di Facebook maupun Twitter menunjukkan dia merupakan orang yang narsis. Alasan paling rasional karena ingin menunjukkan kepada setiap orang konten yang dia anggap menarik. Dengan melakukan share tersebut mereka ingin menjadi pusat perhatian dan dianggap.

5. Semua Orang Harus Tau Kehidupan Anda

Orang narsis tidak akan pernah bosan memberi tahu semua orang tiap kejadian yang dia alami. Mereka ingin memberitahukan betapa hebatnya hidup mereka hingga orang-orang perlu mengetahuinya. Penderita narsis parah bisa saja melakukan kebohongan untuk mendapatkan perhatian lebih. 

(Shabrina Aulia Rahmah/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini