Sukses

Keren, Robot Mungil Ini Bisa Bersihkan Dapur Secara Otomatis

Robot bernama Braava Jet ini memiliki tiga mode pilihan untuk membersihkan dapur atau pun kamar mandi.

Liputan6.com, Jakarta - Era penggunaan teknologi robot untuk mendukung kehidupan sehari-hari tampaknya kian dekat. Salah satu indikasinya adalah banyak perusahaan yang mulai mengembangkan teknologi robot untuk membantu kehidupan pengguna, seperti yang dilakukan perusahaan iRobot.

Mengutip informasi dari laman Engadget, Rabu (16/3/2016), iRobot baru saja memperkenalkan robot pembersih dapur dan kamar mandi yang diberi nama Braava Jet. Robot ini dapat dikatakan sebagai miniatur dari robot Braava yang ditujukan untuk mengepel lantai.

Kamar mandi dan dapur dipilih karena kedua tempat itu sering membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembersihannya.

Selain itu, dibutuhkan robot yang lebih kecil untuk membersihkan area yang tidak terjangkau alat pembersih yang lebih besar. Untuk itu, iRobot meluncurkan Bravaa Jet dengan ukuran yang lebih kecil. 

Cara penggunaan Braava Jet juga cukup mudah. Untuk memakainya, pengguna cukup mengisi sedikit air di reservoir Braava Jet. Robot ini memiliki tiga pilihan mode pembersihan, mulai dari pengepelan basah, pengepelan lembap, sampai pembersihan tanpa menggunakan air.

Jadi, pengguna cukup memilih mode yang akan digunakan dan Braava Jet bakal melakukan proses pembersihan. Perwakilan dari iRobot menuturkan, Bravaa Jet dapat menjangkau kurang lebih 9,2 meter persegi dalam satu jam. Namun, itu tetap bergantung pada mode yang dipilih.

Bravaa Jet dilengkapi baterai lithium-ion yang dapat bertahan sekitar satu setengah jam. iRobot membanderol Bravaa Jet dengan harga US$ 199 atau sekitar Rp 2,6 juta.

Dalam pembelian itu juga disertakan 10 pad pembersih sekali pakai dengan harga US$ 7 atau sekitar Rp 90 ribu. iRobot juga menyediakan pad pembersih yang dapat dicuci dengan harga US$ 20 atau sekitar Rp 262 ribu.

Sekadar informasi, iRobot sendiri dikenal sebagai perusahaan yang mengembangkan robot untuk keperluan rumah tangga. Beberapa robot yang sudah dirilis adalah Roomba, robot penyedot debu otomatis dan Braava, robot pengepel lantai. 

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.