Sukses

10 Hal yang Bisa Dipelajari Anak Anda secara Online

Anda dapat memanfaatkan internet sebagai bahan ajar yang menyenangkan untuk kecerdasan anak Anda.

Liputan6.com, Jakarta Internet menyajikan banyak manfaat dan kebutuhan di dalam hidup Anda. Aksesnya yang mudah, membuat siapa saja bisa menggunakannya. Cukup dengan memiliki gadget yang bisa terhubung ke internet, maka anak Anda pun bisa dengan mudah mengaksesnya.

Tentu saja konten yang beragam pada internet akan membuat Anda sangat khawatir ketika membiarkan anak Anda mengaksesnya. Oleh karena itu, diperlukan peran khusus sebagai orang tua untuk mengawasi kegiatan anak Anda di internet.

Agar tidak sia-sia, Anda dapat memanfaatkan internet sebagai bahan ajar yang menyenangkan untuk kecerdasan anak Anda. Melansir dari lifehack.com, Sabtu (19/3/2016), terdapat hal yang bisa dipelajari anak Anda lewat internet, berikut ulasannya.

1. Belajar membaca

Gunakan smartphone anda untuk mengajarkan anak Anda cara membaca alfabet. Anda bisa mengunduh aplikasi ABC Go pada Apple atau membuka situs readingrainbow.com.

Dengan berbagai aplikasi yang tersedia di play store, Anda bisa dengan bebas memilih tipe aplikasi yang cocok untuk anak Anda. Dengan begitu anak Anda akan belajar lebih menyenangkan tanpa harus memegang buku yang notabenenya membosankan. 

2. Menjadi jenius matematika

Selain aplikasi untuk membaca, play store juga memiliki banyak aplikasi untuk pembelajaran lainnya, termasuk untuk pelajaran matematika.

Konsep matematika yang ditawarkan akan lebih menyenangkan dan interaktif. Anda dapat mengunduh salah satu aplikasinya,

3. Mengembangkan kreativitas

Mungkin Anda mengetahui lego, salah satu jenis mainan yang biasa digunakan para orang tua untuk membangun kreativitas pada anaknya. Namun dengan internet, maka Anda bisa mengatasi mainan yang berserakan di ruang tamu Anda.

Salah satu aplikasi permainan berjudul Minecreft, dapat membantu imajinasi anak Anda dalam menyusun blok-blok menjadi apa yang mereka inginkan. Selain itu Anda juga dapat mengakses buildwithchrome.com untuk permainan sejenis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atur waktu

4. Belajar mengatur waktu

Tidak bisa dipungkiri, bahwa manajemen waktu merupakan hal yang penting untuk diajari kepada anak Anda. Dengan melakukan rencana dan mengorganisasi segala kegiatan, maka anak Anda akan belajar menjadi lebih disiplin.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi berbasis note atau planner pada smartphone agar anak Anda bisa belajar mengatur waktu. Dengan begitu anak Anda mampu untuk mengenal apa yang jadi kewajiban mereka.

5. Mempelajari bahasa asing

Anak kecil senang sekali mempelajari segala sesuatu yang menurutnya baru. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memanfaatkan fase tersebut untuk memberikan pengajaran yang kelak akan berguna di masa depannya.

Salah satunya adalah belajar bahasa asing. Anda bisa membuka situs funenglishgames.com atau hemingwayapp.com untuk membantu Anda mengajar anak Anda.

6. Mempelajari teknologi

Anak-anak pastinya senang bermain game di komputer. Sebagai orang tua, anda bisa menunjukkan pada anak bagaimana permainan tersebut dibuat. Anda dapat mengakses situs scratch.mit.edu atau madewithcode.com untuk memberikan pemahaman kepada anak mengenai hal tersebut.

Walau anak Anda tidak bercita-cita sebagai programmer, namun situs ini bisa membantu mengembangkan logika maupun kecakapan anak Anda dalam memahami komputer dan software.

3 dari 3 halaman

Trik sulap

7. Melakukan trik sulap

Banyak sekali trik sulap yang di beberkan caranya lewat internet. Dengan menunjukkannya kepada anak Anda, maka dia akan memperoleh pengetahuan untuk mengasah kreativitasnya. Bisa saja hal tersebut dapat dia manfaatkan saat dia ingin mengejutkan temannya dalam suatu acara. Selain itu, anak kecil yang penuh imajinasi juga dapat melakukan improvisasi pada sulap tersebut agar lebih menarik. Salah satu situs yang dapat anda akses adalah goodtricks.net atau brainpop.com. 

8. Berpikir cerdas

Internet merupakan hal yang sangat bermanfaat, sekaligus membingungkan. Satu topik dapat digambarkan dengan cara berbeda-beda, oleh sumber yang bermacam-macam. Anak akan kebingungan untuk memilih sumber yang tepat.

Sebagai orang tua maka Anda harus memberikan aplikasi yang sesuai untuk anak Anda, seperti Google’s Safe Search. Lalu, ajarkan mereka untuk menggunakan Youtube Kids ataupun mengakses google.com/searcheducation.

9. Menambah kemampuan baru

Dengan bantuan gadget dan penggunaan aplikasi yang tepat, maka anak Anda akan dengan mudah menemukan bakat dan minatnya.

Misalnya Anda bisa menggunakan Gibson Learn & Master Guitar atau Guitar Lessons by Guitar Tricks untuk anak Anda yang menyukai gitar. Aplikasi serupa tersedia untuk anak Anda yang berminat mengenai hal lain.

10. Mengasah kemampuan berpikir

Untuk anak Anda yang selalu berpikir kritis dan banyak bertanya, hal tersebut adalah kelebihan yang penting untuk diasah. Menurut Wall Street Journal, pekerjaan yang membutuhkan para pemikir kritis, bertambah sejak 2009.

Bantulah penalaran anak Anda dengan mengunduh aplikasi Alien Assignment pada Apple ataupun mengakses situs futurelearn.com. (Shabrina Aulia Rahmah/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini