Sukses

Tak Ingin Malu? Jangan Main Ponsel di Bioskop Ini

Sebuah bioskop di London, Inggris, berencana untuk memasang teknologi laser untuk menegur penonton yang bermain ponsel di tengah pertunjukan

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran ponsel--terutama setelah smartphone dan internet ada--membuat seluruh orang di dunia dapat saling terhubung. Tetapi, teknologi membuat orang lupa dengan kehidupan nyata.

Saat bekerja hingga aktivitas hiburan pun, orang tak pernah lepas dari telepon genggamnya. Padahal di beberapa tempat tertentu, penggunaan ponsel tidak diperbolehkan. Bioskop, misalnya. 

Sebuah bioskop di London, Inggris, berencana untuk memasang teknologi laser untuk menegur penonton yang bermain ponsel di tengah pertunjukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari segala bentuk gangguan dan membuat jera orang yang kecanduan ponsel.

Teknik teguran dengan laser ini tampaknya mencontoh Tiongkok yang sudah lebih dulu menerapkan aturan ini. Beberapa bioskop di negeri Tirau Bambu tersebut dipasangi sensor laser. Alhasil, laser tersebut berhasil mencegah penonton melihat ponsel saat pertunjukan.

Menurut Direktur Artistik Teater, Anthony Biggs, seperti dilansir Ubergizmo, Senin (21/3/2016), penggunaan ponsel memang sangat lazim. Namun, kita perlu tahu di mana seharusnya menggunakan ponsel. Menurut Biggs, menampilkan iklan "dilarang menggunakan telepon genggam" sudah tidak efektif lagi.

"Saya berpikir kita harus menggunakan laser. Mari kita mencobanya," ujar Biggs.

Tekniknya adalah dengan menunjukkan orang yang sedang bermain ponsel dengan sinar yang terlihat orang. Kami harap, rasa malu akan mencegah orang lain mengulangi hal yang sama.

Aktor Benedict Cumberbatch secara lantang pernah mengecam penggunaan ponsel selama pertunjukkan berlangsung. Ia mendesak orang yang menghadiri pertunjukannya untuk tidak mengambil foto atau merekam adegan teater. Jika hal itu terjai, ia menyebut tindakan tersebut "memalukan".

(Tia/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini