Sukses

Ulang Tahun ke-10, Twitter: Terima Kasih Indonesia!

Perjalanan Twitter dimulai pada tanggal 21 Maret 10 tahun lalu dengan sebuah Tweet dari CEO Twitter, Jack Dorsey (@jack).

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan Twitter dimulai pada tanggal 21 Maret sepuluh tahun lalu dengan sebuah tweet (kicauan) dari CEO Twitter, Jack Dorsey (@jack). Sejak saat itu, orang di seluruh penjuru dunia saling terhubung dengan berbagai hal yang menarik minat mereka, di berbagai momen dalam kehidupan sehari-hari.

Memasuki usia ke-10, Twitter mengucapkan terima kasih kepada para pengguna di Indonesia. "Satu dekade sudah Twitter menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia; untuk saling berbagi keseruan, momen, serta informasi yang menghubungkan semua pengguna kami di negara ini. Kami tidak akan menjadi seperti saat ini tanpa mereka," ujar Country Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, Selasa (21/3/20116), dalam keterangan yang kami terima.

"Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang sudah diberikan. Kepercayaan para pengguna menjadi penyemangat bagi Twitter untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia; kemarin, hari ini, hingga 10 tahun yang akan datang," kata Roy melanjutkan.

Twitter pun mengajak para pengguna di Indonesia untuk melakukan kilas balik dan berbagi momen apa saja yang menjadikan perjalanan mereka di Twitter berkesan melalui tagar #KarenaTwitter. Dari bertemu idola, menambah teman baru, melahirkan karya baru, hingga bertemu pasangan hidup.

Selain itu, banyak momen bersejarah di dunia telah dibagikan di Twitter. Beberapa di antaranya adalah tweet pertama dari luar angkasa oleh Astronot TJ (@astro_tj) pada 2010, meninggalnya Nelson Mandela pada 2013 yang kala itu menghasilkan 95.000 tweet per menit, hingga kemenangan Leonardo DiCaprio (@LeoDicaprio) di ajang Oscar pun yang menembus 440.000 tweet per menit, yang memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ellen DeGeneres saat melakukan groupie di Oscar 2014.

Sementara di Indonesia, Twitter telah menjadi bagian tak terpisahkan dari interaksi masyarakat sehari-hari. Dari kisah gerakan pengumpulan #KoinUntukPrita bagi Prita Mulyasari (@pmulyasari) pada 2009, hingga gerakan #DemiMetallica yang muncul dari para penggemarnya yang melakukan jual-beli barang pribadi demi dapat membeli tiket konser mereka.

Selain itu ada juga dukungan untuk penyelamatan Komisi Pemberantasan Korupsi melalui tagar #SaveKPK pada 2015 yang gaungnya mendunia, hingga bagaimana masyarakat Indonesia berbagi momen detik-detik terjadinya Gerhana Matahari Total #GMT2016 dengan lebih dari 500.000 tweet.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.