Sukses

Data Jadi Incaran Utama Penjahat Cyber

Berdasarkan laporan Ikhtisar Keamanan Tahunan 2015 Trend Micro, data menjadi target utama peretasan.

Liputan6.com, Jakarta - Para penjahat dunia maya (cyber) tak pernah kehabisan akal untuk menjerat korbannya, termasuk mencuri data-data penting. Terbukti, berdasarkan laporan Ikhtisar Keamanan Tahunan 2015 Trend Micro, data menjadi target utama peretasan.

Berdasarkan laporan bertajuk "Setting the Stage: Landscape Shift Dictate Future Threat Response Strategies", terjadi peningkatan aktivitas cyber yang berpotensi menjadi sarana munculnya upaya peretasan tingkat tinggi. Data pun menjadi fokus utama dalam kejahatan-kejahatan yang terjadi sepanjang tahun lalu.

2015 disebut sebagai tahun yang sarat akan serangan terhadap data, lantaran tidak ada bulan pada tahun tersebut yang dilaporkan bebas dari penerobosan data yang tergolong besar.

Country Manager Trend Micro, Andreas Ananto Kagawa saat Media Briefing Trend Micro di Jakarta, Rabu (23/3/2016). (Liputan6.com/Andina Librianty)

Country Manager Trend Micro, Andreas Ananto Kagawa, mengatakan tren serangan terhadap data bukan hanya sekedar pencurian, tetapi juga jual-beli data. Mereka bahkan memaksa korban membayar uang tebusan untuk mendapatkan data mereka kembali, dengan semakin banyaknya penjahat cyber menggunakan malware Ransomware. 

Para penjahat cyber menggunakannya untuk membidik data korban, kemudian "menyandera" dan memaksa korban membayar sejumlah tebusan yang telah ditentukan. Semua industri, kata Andreas, bisa saja menjadi korban Ransomware.

"Bukan hanya industri atau organisasi, individu pun bisa menjadi korban Ransomware. Tren tersebut diprediksi akan berlanjut pada tahun ini," tutur Andreas di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Seiring maraknya perampokan data, Trend Micro melihat adanya gelombang peningkatan pasokan barang curian di seluruh ekosistem "bawah tanah" yang dikendalikan penjahat cyber. Mereka menjualbelikan data di pasar gelap Deep Web.

"Mereka mencari sumber-sumber data baru untuk dicuri dan gencar menawarkannya di Deep Web. Data-data yang ditawarkan lebih dari sekedar nama dan alamat. Jadi di sana itu (Deep Web) ada supply dan demand yang mempengaruhi harga jual," jelas Andreas.

Trend Micro memprediksi serangan terhadap data akan terus berlanjut hingga tahun ini. Karena itu, Andreas menghimbau masyarakat lebih berhati-hati.

(Din/Cas)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini