Sukses

Dukung UKM via Mobile Broadband 4G LTE, XL Luncurkan Infinet

Dalam meluncurkan layanan Infinet, XL merujuk pada data yang diperoleh dari survei terhadap sejumlah UKM.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler XL kembali meluncurkan layanan baru yang ditujukan secara khusus bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Layanan bertajuk Infinet ini menawarkan mobile broadband 4G LTE.

Bertempat di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (24/3/2016), Direktur Digital Service XL Ongki Kurniawan mengatakan bahwa XL mendukung pemerintah dalam mendorong perkembangan UKM.

"UKM ini tulang punggung perekonomian nasional juga. Kontribusi UKM terhadap GDP (Gross Domestic Product; Produk Domestic Bruto) itu tinggi. Dari Rp 8,6 triliun meningkat jadi Rp 11,1 triliun pada 2012-2015. Ada kenaikan 9 persen," ujar Ongki menjelaskan.

Lebih lanjut, Ongki berujar bahwa dalam meluncurkan layanan ini, XL merujuk pada data yang diperoleh dari survei terhadap sejumlah UKM.

Terungkap, 20 persen UKM di area Jabodetabek sudah punya online distribution channel untuk produknya. Menariknya, 45 persen di antaranya menyediakan jaringan internet bagi para karyawannya.

"Lebih dari 40 persen UKM tersebut yang sudah menggunakan broadband, tidak puas dengan speed dari broadband yang digunakannya," kataOngki melanjutkan.

Fakta lainnya adalah mereka menilai broadband tersebut kurang stabil dan kurang reliabel. Di samping itu, hampir 45 persen dari UKM tersebut berbagi kuota internet kepada karyawannya.

Kemudian ditinjau dari segi potensi, masih menurut survei yang sama, sekitar 70 persen UKM sudah menggunakan teknologi mobile untuk akses broadband. Bahkan pengguna mobile broadband diprediksi akan tumbuh 30 persen CAGR (Compound Annual Growth Rate) dalam 5 tahun ke depan.

Dalam salah satu kesempatan, VP Digital Business Accelerator, Tanto Surioto, memaparkan gambaran Infinet secara umum.

"Kami menawarkan kuota hingga 120GB, kecepatan hingga 100Mbps di area cakupan 4G LTE, dan penggunaan bersama hingga 30 orang," jelas Tanto.

Namun perlu digarisbawahi, Tanto menegaskan bahwa Infinet khusus untuk UKM, bukan untuk pengguna individual.

" Makanya nanti harus menunjukkan bukti seperti company ID kalau dia betul-betul UKM," tandas Tanto.

Saat ini Infinet sudah dapat dipesan di sesi pre-order dan akan diluncurkan pada Mei 2016.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.