Sukses

Google Bakal Garap Pesaing Periscope?

Layanan yang diberi nama YouTube Connect ini dikabarkan menjadi cara Google untuk melawan Periscope dan layanan serupa lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas layanan live video streaming dikabarkan menarik perhatian Google untuk ikut serta menghadirkan layanan serupa. Raksasa mesin pencari itu disebut tengah mengembangkan layanan video streaming di bawah YouTube, yang akan diberi nama YouTubeConnect.

Dikutip dari laman Venture Beat, Sabtu (26/3/2016), YouTube Connect rencananya akan dirilis untuk perangkat iOS dan Android. Kehadiran YouTube Connect diprediksi menjadi upaya Google untuk dapat bersaing dengan layanan serupa, seperti Periscope dari Twitter, dan Live dari Facebook.

Menurut informasi dari sumber anonim, YouTubeConnect akan memiliki cara kerja yang sama dengan layanan serupa lainnya. Pengguna cukup masuk menggunakan akun Google atau YouTube, dan memulai siaran langsung dari smartphone miliknya.

Kabarnya, Google juga akan menyematkan fitur chat dan tag di YouTube Connect. Selain itu, ada juga fitur 'news feed' yang akan memberikan informasi mengenai video terbaru dari orang lain atau kanal YouTube yang diikuti oleh si pengguna.

YouTube sendiri sebenarnya telah memiliki layanan live streaming. Namun, menurut beberapa analis, layanan tersebut tidak cukup berhasil menarik perhatian banyak pengguna karena keterbatasan yang diberikan YouTube.

Untuk bisa melakukan live streaming di YouTube, pengguna harus terlebih dulu mengikuti aturan yang ditawarkan lewat Creator Studio, dan live streaming tersebut tidak bisa diakses semua orang. Oleh sebab itu, kehadiran YouTube Connect diharapkan mampu membuat layanan live streaming YouTube menjangkau lebih banyak orang.

Namun, di sisi lain, Google sendiri menampik memberikan komentar atas kabar tersebut. Menurut beberapa pihak, kemungkinan besar YouTube Connect akan diperkenalkan di gelaran Google I/O pada Mei mendatang.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini