Sukses

Begini Kerennya Markas Besar Line di Jepang

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan berkunjung ke kantor pusat aplikasi chatting yang popular di Asia, Line.

Liputan6.com, Tokyo - Cuaca di Tokyo, Jepang, Jumat (25/3/2016), begitu cerah. Meski matahari bersinar terang, namun suhunya masih cukup dingin, 10 derajat celcius.

Tak jauh dari patung Hachiko di stasiun Shibuya, gedung Shibuya Hikarie berdiri megah. Di dalam gedung itu, terdapat 4 lantai yang dijadikan sebagai kantor pusat Line, yakni lantai 19, 27, 28, dan 29.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan berkunjung ke salah satu lantai di kantor pusat aplikasi chatting yang popular di Asia itu, tepatnya di lantai 27.
  Boneka raksasa Line Friends di Kantor Pusat Line di Shibuya Hikarie, Shibuya-ku, Tokyo (Liputan6.com/ Raden Trimutia Hatta)
Ketika memasuki kantor Line, nuansa hijau khas Line langsung menyambut. Berbagai pernak pernik karakter Line Friends terpajang rapi di sebuah rak besar. Boneka raksasa Line Friends pun siap menjadi objek foto pencinta selfie.

Ruang pertama kala memasuki kantor ini adalah meja resepsionis dan Line Care dengan tempat tunggu yang luas. Di ruang itu berjajar rapi bangku-bangku dan beberapa tanaman dengan alas karpet hitam bergambar teka-teki tulisan tersembunyi.
Suasana Kantor Pusat Line di Shibuya Hikarie, Shibuya-ku, Tokyo (Liputan6.com/ Raden Trimutia Hatta)
Di sebelah kiri meja resepsionis terdapat lorong yang mengarah ke beberapa ruangan rapat. Di ujung lorong itu ada ruang makan megah dengan pemandangan gedung-gedung tinggi pusat kota Tokyo.
  Suasana Kafetaria dan Ruang Makan di Kantor Pusat Line di Shibuya Hikarie, Shibuya-ku, Tokyo (Liputan6.com/ Raden Trimutia Hatta)
Berbagai makanan tradisional jepang berjajar rapi pada sebuah meja di depan kafetaria yang juga menjual kopi dan jus serta snack.

Di sudut ruang makan itu ada sebuah ruang beralas karpet hijau. Beberapa bantal besar warna-warni dan sebuah meja kecil tersedia di ruang yang disebut green room tersebut. Ruang itu merupakan tempat para karyawan melepas lelah.
Green Room, tempat para karyawan melepas lelah, di Kantor Pusat Line di Shibuya Hikarie, Shibuya-ku, Tokyo (Liputan6.com/ Raden Trimutia Hatta)
Di waktu istirahat, karyawan Line dibolehkan untuk tidur siang di ruang tersebut. Karyawan juga tak dilarang bila ingin bekerja sambil tiduran di ruang yang menghadap ke persimpangan Shibuya itu.

Kepada Tekno Liputan6.com, Line Corporation Representative Director and CEO Takeshi Idezawa menjelaskan, perusahaannya sengaja mendesain kantor pusat sekeren mungkin.

Selain untuk membuat betah para karyawan, desain interior kantor Line juga diharapkan dapat memunculkan banyak ide kreatif di benak para pekerjanya.

"Kami memang sangat mengedepankan desain," kata Takeshi.
Green Room, tempat para karyawan melepas lelah, di Kantor Pusat Line di Shibuya Hikarie, Shibuya-ku, Tokyo (Liputan6.com/ Raden Trimutia Hatta)
Menurut dia, di era teknologi smartphone saat ini desain tampilan antarmuka atau interface sangat penting. Karena itulah interface aplikasi Line dibuat simpel agar pengguna tidak tersesat.

"Itulah mengapa kami mendesain kantor ini dengan bagus. Karena itu kami sangat mengedepankan desain, tidak hanya di aplikasi tapi juga kantor. Bukan untuk keren-kerenan, tapi untuk menyampaikan pesan bahwa Line adalah perusahaan yang mengedepankan desain," jelas Takeshi.
Suasana Kantor Pusat Line di Shibuya Hikarie, Shibuya-ku, Tokyo (Liputan6.com/ Raden Trimutia Hatta)
"Kita menggunakan desainer profesional untuk membuat kantor ini keren. Kita ingin membuat lingkungan kerja yang nyaman agar para pekerja kami juga dapat membuat desain bagus untuk Line," pungkas Takeshi.

(Mut/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.