Sukses

Strategi Samsung Menangkan Persaingan Pasar Smartphone

Samsung Indonesia mengaku siap bersaing dengan kehadiran smartphone asal Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia siap bersaing dengan kehadiran berbagai merek smartphone asal Tiongkok yang kini marak masuk ke pasar Indonesia.

Untuk memenangkan persaingan tersebut, perusahaan asal Korea Selatan ini menyajikan smartphone sesuai dengan kebutuhan pelanggannya.

"Kami menyasar banyak segmen, tidak ingin hanya berada di segmen premium. Sebab, kebutuhan konsumen kan berbeda-beda. Ada yang butuh texting dan call saja, ada yang aktif di media sosial, dan lain-lain," ujar IT & Mobile Marketing Director Samsung Electronic Indonesia Vebbyna Kaunang kepada awak media di gelaran Consumer Launch Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge di Mall Grand Indonesia Jakarta, Sabtu (26/3/2016).

Karena itu Samsung berusaha memberikan banyak pilihan smartphone sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Vebbyna mengatakan, mereka yang ingin ponsel premium bisa memilih flagship smartphone seperti S7 dan S7 Edge. Sementara, smartphone seri A ditujukan untuk kaum millenial.

Kemudian, bagi orang yang selalu sibuk dan perlu mencatat pekerjaannya, Samsung pun meluncurkan smartphone seri Note. "Intinya, kami menyajikan sesuai dengan kebutuhan konsumen," ujar Vebbyna.

Vebbyna juga menuturkan, selain menghadirkan ponsel yang dibutuhkan pelanggan, Samsung juga memberikan layanan lebih. Misalnya kehadiran Galaxy Gift Indonesia serta S-Lime yang memberikan kesempatan konsumen untuk mendapatkan konten bacaan gratis.

Tak hanya itu, supaya makin kuat dalam persaingan, Samsung menghadirkan layanan service prioritas bagi pemilik smartphone Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge di Indonesia. "Bisnis jual device saja itu sudah bukan saatnya bagi kami, karenanya dalam melakukan bisnis, kami fokus pada feedback dari konsumen," tegas Vebbyna.
Konsumen mencoba Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang antiair di Consumer Launch Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge.
Director Retail Marketing Samsung Mobile SEIN Edgidius Situmorang menjelaskan, Samsung Priority adalah layanan khusus bagi pengguna Galaxy S7 dan S7 Edge. Menurut pria yang akrab disapa Edi itu, pengguna flagship smartphone tersebut mendapatkan lima keuntungan, di antaranya adalah layanan berupa jalur antrean khusus di Samsung Experience Store dan Service Center.

"Kedua, jika ponsel Samsung Galaxy S7 atau S7 Edge harus diperbaiki, Samsung akan memberikan pinjaman ponsel lain hingga proses perbaikan selesai," ujar Edi.

Ia menambahkan, untuk kenyamanan pengguna, ponsel yang dipinjamkan pun sama atau setara dengan ponsel yang diperbaiki. Sejauh ini, lanjut Edi, 90 persen proses service selesai kurang dari 24 jam sehingga tidak mengganggu aktivitas pelanggan.
Perbandingan hasil foto kamera Samsung Galaxy S7 dan ponsel lain.
Ketiga, Samsung menghadirkan layanan hotline 24 jam gratis serta live chat bagi pengguna Galaxy S7 dan S7 Edge. Kemudian, untuk memberikan penguasaan produk Galaxy S7 dan S7 Edge kepada konsumen, Samsung menyiapkan product training prioritas. Hal ini dilakukan agar pengguna Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge bisa memaksimalkan pengalamannya dalam menggunakan kedua ponsel ini. 

Terakhir, Samsung memberikan priority assistant berupa fasilitas perawatan dan cek produk di Samsung Experience Store.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini