Sukses

Bos Blibli.com: Makin Banyak Regulasi, e-Commerce Sulit Maju

Aturan di industri e-Commerce di Indonesia yang saat ini masih dirintis sebaiknya dibuat seminiminal mungkin.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ditemui usai gelaran OnePlus X Launch di Jakarta, Senin (28/3/2016) kemarin, CEO Blibli.com Kusumo Martanto membeberkan 'curahan hatinya' sebagai salah satu pelaku industri e-Commerce di Indonesia.

Ia menganjurkan supaya aturan di industri e-Commerce di Indonesia yang saat ini masih dirintis, dibuat seminiminal mungkin. "Kalau makin banyak regulasi (aturan, red.), terutama di industri yang baru seumur jagung, industrinya nanti gak bisa 'terbang' (maju, red.)," ujar Kusumo kepada awak media.

Namun ia tidak menampik bahwa di antara regulasi-regulasi tersebut ada yang betul-betul penting. "Kecuali (regulasi, red.) soal customer protection, kami sangat setuju ya. Tapi apa semua hal harus dibuat regulasinya? Kan enggak," tutur pria yang menjadi CEO Blibli.com sejak 2010 tersebut.
CEO Blibli.com Kusumo Martanto.Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Selain itu, ia tidak yakin apakah semua pelaku e-Commerce betul-betul mematuhi regulasi yang sudah ditetapkan. "Satu hal lagi, apa semua pemain di industri (e-Commerce, red.) ini ikut regulasi itu? Coba periksa aja deh (pelaku e-Commerce lainnya, red.)," kata Kusumo.

Lebih lanjut ia menyayangkan sikap pemerintah yang kurang tepat dalam mencari akar permasalahan. "Untuk mencari akar permasalahannya, yang dikejar itu di hulu, bukannya di hilir. Ini bukan cuma soal e-Commerce, ini general (semua industri, red.) ya," ungkap Kusumo menegaskan.

Sebelumnya Blibli.com menjadi mitra resmi dan ekslusif bagi OnePlus X yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Di sesi flash deals kemarin, OnePlus X dibanderol Rp 2,849 juta saja dari harga normal Rp 3,399 juta.

(Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini