Sukses

Resmi Lego 2.500 Menara, XL Kantongi Rp 3,5 Triliun

XL meraup Rp 3,568 triliun dari penjualan menara ke Protelindo. Dana tersebut akan digunakan untuk melunasi sebagian utang perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL) resmi menjual 2.500 aset menaranya ke PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), perusahaan penyedia menara telekomunikasi. 

XL meraup Rp 3,568 triliun dari penjualan menara. Adapun, dana hasil penjualan menara XL akan digunakan untuk melunasi sebagian utang perusahaan. Sekadar diketahui, tahun ini XL memiliki utang jatuh tempo sebesar Rp 3,993 triliun. 

Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlen (tengah) saat memaparkan penjualan 2.500 menara ke PT Protelindo. (Corry Anestia/Liputan6.com)
Ditemui di kantor pusat di Jakarta, Selasa (29/3/2016), Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin mengatakan, "pelepasan aset menara XL menjadi salah satu strategi kami untuk memonetisasi aset."

Kedua perusahaan telah menandatangani Perjanjian Pembelian Aset (Asset Purchase Agreement/APA) pada Senin (28/3/2016) kemarin.

Bersamaan dengan itu, XL dan Protelindo juga akan menandatangi Perjanjian Induk Sewa Menara di mana XL akan menyewa kembali 2.432 menara Protelindo selama 10 tahun.

Sementara, Aming Santoso, Direktur Utama Protelindo, menambahkan bahwa transaksi pembelian ini akan menambah jumlah menara perusahaan menjadi hampir 15.000 menara.

"Selama beberapa tahun ini, XL telah menjadi mitra terpercaya. Transaksi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan kerja sama yang sudah dibina," ungkapnya.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.