Sukses

Snapdragon 820 Mulai 'Menebar Pesona' di Asia Tenggara

Qualcomm akhirnya meluncurkan Snapdragon 820 di Asia Tenggara karena kawasan tersebut merupakan wilayah potensial untuk pengembangan bisnis.

Liputan6.com, Singapura - Qualcomm resmi memperkenalkan Snapdragon 820 di kawasan Asia Tenggara. Perusahaan asal Negeri Paman Sam tersebut unjuk gigi kebolehan prosesor primadonanya ini secara terbatas ke media di Grand Hyatt Hotel, Singapura, Kamis (31/3/2016).

Alasan Qualcomm, yang pada akhirnya meluncurkan Snapdragon 820 di Asia Tenggara, adalah karena mereka melihat Asia Tenggara merupakan wilayah potensial untuk pengembangan bisnis.

Vice President Qualcomm dan President Bisnis Qualcomm di Asia Pasifik serta India, Jim Cathey, mengatakan bahwa potensi signifikan perangkat 4G di wilayah ini begitu besar.

"Asia Tenggara memiliki total populasi hingga 590 juta jiwa. 60 persen di antaranya berusia di bawah 35 tahun. Diperkirakan penetrasi perangkat 4G akan tumbuh hingga 31 persen pada 2019," kata Cathey.

Snapdragon 820 memulai debutnya lewat perangkat ritel asal Tiongkok LeTV LeMax Pro di gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2016 pada awal Januari lalu. 

Selain itu, prosesor flagship ini pun juga diperkenalkan lewat beberapa smartphone lainnya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 yang digelar di Barcelona baru-baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Keunggulannya?

Snapdragon 820 tak hanya berkutat di antara kekuatan dan kecepatan sebuah performa. Selain menawarkan kedua hal tersebut, prosesor ini juga memiliki kemampuan di beberapa segmen khusus. Berikut Tekno Liputan6.com rangkum apa saja keunggulannya.

Pertama, Snapdragon 820 berfokus ke sektor fotografi. Dengan disokong teknologi Spectra Camera 14-bit dual ISP (Image Signa Processor), prosesor tersebut bisa menciptakan piksel kamera kecil dengan lebih baik, lebih hybrid autofocus, dan juga mampu memotret foto dalam kondisi low-light.

Tak hanya itu, software Optical Zoom yang dimiliki pada kamera nantinya akan mengikuti Graphic Processing Unit (GPU) yang bisa menyajikan foto dengan resolusi super setara kamera DSLR.

Snapdragon 820 pun didukung dengan konektivitas impresif. Sebagai salah satu pelopor teknologi 4G LTE, Qualcomm mengemas prosesornya ini dengan modem X12 LTE yang bisa mengunduh file hingga 600 Mbps serta didukung multi-gigabit 802.11ad Wi-Fi.

Untuk performa ketahanan, Qualcomm juga membelaki Snapdragon 820 dengan teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0 yang bisa mengisi baterai super cepat. Hanya dalam waktu 35 menit, baterai bisa terisi hingga persentase 80 persen.

Seperti diketahui, Snapdragon 820 didaulat sebagai prosesor high-end Qualcomm. Selain dilahirkan untuk smartphone, chip tersebut nantinya akan dikembangkan lebih lanjut untuk Internet of Things (IoT), perangkat otomotif, dan masih banyak lagi.

(Jek)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.