Sukses

Snapdragon 820 Bakal Digunakan Lebih dari 100 Perangkat

Tak hanya smartphone, Qualcomm berjanji akan menyematkan prosesor Snapdragon 820 ke perangkat lain seperti tablet.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya smartphone, Qualcomm berjanji akan menyematkan prosesor Snapdragon 820 ke perangkat lain seperti tablet. Bahkan rencananya perusahaan yang berbasis di San Diego itu telah menyiapkan sekitar lebih dari seratus perangkat yang akan diperkuat oleh prosesor teranyarnya itu.

Sayangnya, Qualcomm enggan membocorkan perangkat apa saja yang akan kebagian Snapdragon 820. President APAC & India Qualcomm, Jim Cathey, hanya mengatakan perangkat-perangkat tersebut akan hadir dalam "desain" berbeda, dalam arti tidak hanya smartphone dan tablet.

“Untuk saat ini Snapdragon 820 sudah menyokong beberapa flagship smartphone besutan vendor ternama. Meski begitu, kami telah mempersiapkan sekitar lebih dari 100 desain yang akan diperkuat dengan Snapdragon 820,” kata Cathey pada gelaran Snapdragon 820 South East Asia Debut yang diselenggarakan di Grand Hyatt, Singapura, Kamis (31/3/2016).
Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza
Pada kesempatan yang sama, Country Head Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong, mengungkap bahwa perangkat-perangkat ini nantinya akan hadir dalam segmennya masing-masing, seperti otomotif, kesehatan, smart device, dan lainnya.

Ia menuturkan kekuatan prosesor generasi terbaru ini memang dirancang oleh Qualcomm untuk tidak hanya di smartphone, tetapi juga untuk perangkat lainnya. "Kapabilitas Snapdragon 820 memang didesain tidak hanya untuk smartphone. Prosesor ini bisa jadi mesin atau otak perangkat," ujar Ong menerangkan.

"Namun, untuk saat ini yang dikomersialkan baru pada smartphone. Kalau tidak salah yang sudah mengumumkan menggunakan teknologi Snapdragon 820 itu Audi (vendor otomotif) dan mereka akan aktif menggunakannya pada 2017," tutur Ong lebih lanjut.

Sekadar informasi, Snapdragon 820 kini baru hanya digunakan pada tujuh jenis flagship smartphone, di antaranya HP Elite X3, Xiaomi Mi5, LeEco (LeTV) LeMax Pro, Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy S7 Edge, LG G5, dan Sony Xperia X Series.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.