Sukses

Intip Perkembangan Pembangunan Markas Apple yang Mirip UFO

Konstruksi kantor pusat Apple, Apple Campus 2, mulai menunjukkan perkembangan pesat. Seperti apa?

Liputan6.com, Cupertino - Beberapa waktu lalu Apple mengumumkan pembangunan kantor pusatnya, Apple Campus 2 di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Jika pada September 2015, gedung kantor yang bentuknya mirip UFO itu belum sepenuhnya berdiri layaknya bangunan melingkar, sebuah video memperlihatkan update pembangunan Apple Campus 2 per April 2016.

Dikutip dari laman The Verge, Selasa (5/4/2016), nilai bangunan tersebut diperkirakan mencapai US$ 5 triliun yang jika dikonversi ke mata uang Indonesia sekitar Rp 65.775 triliun.

Kini, bentuk bangunan dengan luas 712.247 meter persegi tersebut mulai tampak mengesankan. Bahkan pihak Apple menargetkan pembangunan Apple Campus 2 selesai pada akhir 2016 atau setidaknya awal 2017.

Penampakan konstruksi markas Apple itu diperlihatkan melalui sebuah video yang direkam dengan pesawat nirawak (drone). Video tersebut memperlihatkan bahwa kaca dan panel surya telah diletakkan pada tempatnya masing-masing.

Dari video itu, tampak bagaimana kemajuan pembangunan fasilitas riset dan pengembangan, atap gedung utama, pemasangan kaca lengkung terbesar di dunia, hingga sejumlah alat berat crane yang berada di sekeliling lokasi konstruksi.

Video itu juga memperlihatkan perkembangan pembangunan fasilitas kebugaran dengan luas 9.290 meter persegi. Selain itu juga progress pembangunan dua buah lokasi parkir yang dapat memuat 11.000 mobil di markas perusahaan yang dipimpin Tim Cook itu.

Sebelumnya, proyek pembangunan gedung ini telah dimulai sejak 2011. Steve Jobs pun menjadi salah satu penggagas dibangunnya markas besar Apple tersebut.

Dikabarkan, gedung perkantoran mewah ini dapat menampung lebih dari 13.000 karyawan Apple. Apple Campus 2 juga akan memiliki auditorium super-besar yang nantinya akan menjadi ruangan untuk menghelat acara product release Apple.

Gedung ini pun akan menghadirkan fasilitas berkelas layaknya sebuah hotel, mulai dari pusat kebugaran, restoran, kolam renang, fasilitas riset dan perkembangan, serta trek jogging yang berlokasi di area outdoor.

Apple Campus 2 dirancang oleh seorang arsitek asal Inggris, Norman Foster, yang pada saat itu mendesain gedung ini bersama Steve Jobs.

Penasaran seperti apa perkembangan konstruksinya? Silakan tonton video berikut ini.



(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.