Sukses

Satelit 3S Meluncur Tahun Ini, Telkom Segera Siapkan Satelit 4

Satelit Telkom 3S dijadwalkan meluncur pada pertengahan tahun ini. Setelah itu, Telkom akan segera mempersiapkan satelit Telkom 4.

Liputan6.com, Jakarta - Telkom segera mempersiapkan satelit keempat begitu satelit Telkom 3S meluncur pada pertengahan tahun ini.

Presiden Direktur PT Multimedia Nusantara (Metra), Teguh Wayoni, mengatakan satelit keempat ini disiapkan guna mengatasi kesenjangan kebutuhan transponder di Tanah Air. 

"Kami persiapkan (produksi) satelit Telkom 4 mulai tahun depan, sedangkan meluncurnya pada 2018. Produksi satelit itu membutuhkan waktu dua tahun," ujar Teguh kepada tim Tekno Liputan6.com, Senin (4/4/2016).  

Teguh mengungkapkan bahwa kali ini satelit yang dikembangkan tidak lagi menggunakan transponder. "tDengan teknologi saat ini, menghitung kapasitas itu berdasarkan Gigabita (GB). Jadi tidak gunakan transponder lagi," katanya. 

Sekadar informasi, satelit Telkom-3S merupakan satelit pengganti Telkom 3 yang gagal mencapai orbit 118 derajat Bujur Timur pada 2012 lalu.

Dengan penambahan satelit, kapasitas transponder meningkat sehingga dapat digunakan untuk menyalurkan layanan internet di seluruh Indonesia, terutama wilayah-wilayah terpencil.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini