Sukses

Dana Rp 1 Triliun Siap Digelontorkan Demi Dorong Ekonomi Kreatif

Demi mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif yang kokoh, para pelaku UKM juga akan diberikan sokongan dana lewat PNM.

Liputan6.com, Jakarta - Komitmen Bukalapak untuk membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) akhirnya dapat terealisasikan.

Bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), platform e-Commerce tersebut meresmikan penandatanganan MoU program Pahlawan Ekonomi Kreatif di Kantor Bukalapak, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Seperti diketahui, program yang juga termasuk ke dalam rangkaian kampanye Pahlawan Pelapak ini bertujuan untuk memajukan para pelaku ekonomi kreatif, khususnya yang bergerak di bidang mikro, untuk menggerakan penjualannya secara online lewat Bukalapak.
 

Tak tanggung-tanggung, demi mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif yang kokoh, para pelaku UKM juga akan diberikan sokongan dana lewat Deputi Permodalan Nasional Madani (PNM). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bekraf, Triawan Munaf.

“Deputi PNM akan menyalurkan dana Rp 1 triliun untuk para pelaku UKM lewat program Kredit Usahan Rakyat (KUR). Kami juga menargetkan setidaknya ada 16 sub sektor yang akan didanai,” kata Triawan saat ditemui Tekno Liputan6.com

Ia menuturkan, terdapat tiga sektor yang akan mendapatkan ‘porsi’ cukup besar. "Di antara 16 sub sektor, fashion, kerajinan dan kuliner mengambil porsi pendanaan yang besar,” terangnya.

Dengan begitu, Bekraf nantinya akan memberikan kontribusi 7 persen terhadap PDB. “Bersama Bukalapak, Bekraf akan mengakselerikan pertumbuhan ekonomi kreatif,” tambah Triawan.

Program Pahlawan Ekonomi Kreatif akan mendata para pelapak yang memiliki track record terbaik di Bukalapak dan memiliki keinginan untuk berkembang.

Nantinya, mereka akan diberikan tips dan trik terkait implementasi pemasaran online, fasilitasi hak cipta, dukungan finansial, pengembangan talent, dan pembinaan pengembangan produk kreatif.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.