Sukses

Cara Mudah Membedakan Televisi 4K dengan Non-4K

Di pasaran saat ini beredar sejumlah televisi dengan embel-embel 4K. Ternyata, membedakan televisi 4K dan non-4K sangat mudah.

Liputan6.com, Singapura - Saat ini di pasaran sudah tersedia sejumlah televisi dengan embel-embel 4K. Bagi Anda yang berniat membeli televisi berteknologi 4K, ada cara mudah untuk mengecek apakah sebuah televisi benar-benar sudah berteknologi 4K atau belum.

Di sela-sela gelaran Samsung 2016 Tech Seminar di M Hotel, Singapura, kemarin (12/4/2016), Head of Product Marketing TV/AV PT Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin, mengatakan kamera smartphone dapat digunakan untuk mengecek hal tersebut.

"Cara paling gampang buat ngecek sebuah televisi sudah 4K atau belum, bisa pakai kamera smartphone. Kameranya di-zoom sampai 8x, lalu dekatkan lensa kamera smartphone ke layar televisi yang menampilkan gambar atau tulisan teks," tutur Ubay mengawali penjelasannya. 

Jika televisi tersebut betul-betul berteknologi 4K, lanjut Ubay, teks yang dibidik lensa kamera tidak akan tampak blurry di layar smartphone. Namun sebaliknya, bila televisi itu belum berteknologi 4K, teks tersebut akan terlihat blurry.

Selain kamera smartphone, kaca pembesar juga bisa menjadi alternatif untuk melakukan hal ini dengan prosedur yang sama seperti di kamera layar smartphone. 

Untuk diketahui, Samsung menyematkan quantum dot technology ke lini produk televisinya di tahun 2016 ini. Singkat kata, quantum dot technology merupakan partikel berukuran sangat kecil, antara 2-10 nanometer.

Berkat teknologi ini, tingkat kecerahan layar televisi menjadi jauh lebih tinggi. Hal ini juga akan "membuka peluang" lainnya seperti dukungan terhadap High Dynamic Range (HDR). "HDR mampu mengekspresikan warna gelap dan terang seperti warna alam, yang tidak dapat direproduksi oleh televisi jenis CRT," kata Ubay menerangkan.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini