Sukses

15 Gim Ini Dianggap Berbahaya Untuk Anak

Beberapa gim yang dianggap berbahaya untuk anak-anak karena mengandung unsur kekerasan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui kanal Sahabat Keluarga di laman Kemendikbud mengumumkan sejumlah nama gim (game) yang dianggap berbahaya bagi anak-anak.

Informasi yang dikutip dari laman tersebut, Rabu (13/4/2016), gim-gim yang dianggap berbahaya bagi anak-anak ini lantaran menyajikan konten yang mengandung unsur kekerasan.

Direktur Indonesia Heritage Foundation Wahyu Farrah Dina dalam Seminar Pendidikan Keluarga Duta Oase Cinta Kemendikbud baru-baru ini mengungkapkan, setidaknya ada 15 gim yang berbahaya bagi anak-anak.

Gim-gim ini bisa diakses oleh anak dengan banyaknya rental PlayStation dan warung internet (warnet) yang menyajikan berbagai jenis gim mulai dari gim offline hingga online.

Ke-15 gim yang dianggap sarat dengan kekerasan tersebut di antaranya adalah World of Warcraft, Call of Duty, Point Blank, Cross Fire, War Rock, Counter Strike, Mortal Kombat, Future Cop, Carmageddon, Shelshock, Raising Force, Atlantica, Conflict Vietnam, Bully, serta Grand Theft Auto.

Inilah sejumlah gim yang dianggap berbahaya untuk anak-anak (Sumber: Infografis Sahabat Keluarga kemendikbud).
Menurut Wahyu, berdasarkan penelitian yang dilakukan Iowa State University Amerika Serikat, bermain gim yang mengandung kekerasan selama 20 menit dapat mematikan rasa. "Anak akan mudah melakukan kekerasan dan kehilangan empati kepada orang lain," tutup Wahyu.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.