Sukses

Facebook Pekenalkan Chatbot Pintar di Aplikasi Messenger

Seperti apa kebolehan dari Chatbot Facebook Messenger ini?

Liputan6.com, San Francisco - Di gelaran Facebook Developer Conference yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat, Mark Zuckerberg memperkenalkan salah satu fitur baru Facebook Messenger yang disebut Chat Bot.

Fitur ini konon bisa digunakan oleh para pengusaha online, situs berita serta developer aplikasi untuk bisa terhubung dengan para penggunanya secara otomatis dan praktis.

Lantas, seperti apa kebolehan Chat Bot? Seperti dikutip dari Tech Insider, Kamis (14/4/2016), Chat Bot dirancang khusus untuk platform Messenger.

Layanan pintar yang merupakan gabungan dari teknologi Artificial Intelligence (AI) dan pemrosesan bahasa alami manusia ini sengaja diciptakan untuk membantu pengguna mencari jawaban dari berbagai macam hal yang ditanyakan.

Bots tersebut bahkan bisa melakukan fungsi jawaban secara statis atau juga dinamis. Untuk statis, pertanyaan yang disiapkan telah diatur oleh penggunanya. Contohnya, seperti pertanyaan yang berkaitan dengan prakiraan cuaca, pantauan lalu lintas, dan masih banyak lagi.

Sedangkan dinamis adalah jenis jawaban yang mampu membaca struktur pesan tertulis dan mampu membuatnya dalam modus komunikasi dua arah. Contohnya, Bots bisa menjawab keluhan para pengguna, pertanyaan soal berapa biaya kirim paket, cara mem-booking tiket, dan lainnya.

Facebook sendiri bukanlah yang pertama dalam menghadirkan eksperimen Chatbot di sebuah layanan pesan instan. Sebelumnya, Microsoft memperkenalkan hasil eksperimen kecerdasan buatannya yang bernama Tay. Chatbot ini memiliki wujud seorang gadis remaja.

Seperti diwartakan sebelumnya, Microsoft meluncurkan eksperimen tersebut di Kik, GroupMe, dan Twitter. Kehadiran Tay ditujukan agar Microsoft dapat mengetahui pembicaraan apa saja yang paling sering dibicarakan generasi millenial.

(Jek/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini