Sukses

Mark Zuckerberg Vs Jack Dorsey, Kece Mana?

Siapa tak kenal Mark Zuckerberg dan Jack Dorsey. Tampaknya akan menarik untuk mencari perbedaaan atau mungkin persamaan, di antara mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tak kenal Mark Zuckerberg dan Jack Dorsey. Keduanya merupakan sosok di balik berdirinya perusahaan teknologi yang mengubah dunia: Facebook dan Twiter.

Bila pembahasan mengenai Facebook dan Twitter sudah cukup sering dikabarkan, tampaknya akan menarik untuk mencari perbedaaan, atau mungkin persamaan, di antara Zuck (sapaan akrab Mark Zuckerberg) dan Jack (sapaan akrab Jack Dorsey) secara head-to-head.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini ulasan Tekno Liputan6.com:

1. Pendidikan

Lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York, Amerika Serikat, pemilik nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg ini sudah memiliki ketertarikan terhadap komputer di usia muda. Saat berusia 12 tahun, Zuck menggunakan Atari BASIC untuk membuat sebuah program perpesanan (messaging) bernama Zucknet.

Bicara soal pendidikan, suami dari Priscilla Chan ini pernah duduk di bangku jurusan ilmu komputer Harvard University pada 2002. Namun, setelah tahun keduanya di salah satu kampus paling bergengsi di dunia itu, Zuck drop out dan mengabdikan dirinya untuk Facebook, yang dirancang dan dikembangkan oleh Zuck dan kawan-kawannya.

Bukan cuma Zuck, Jack yang lahir pada 19 November 1976 pun menunjukkan minatnya terhadap komputer pada usia dini. Ia mulai belajar program komputer saat masih berstatus siswa di Bishop DuBourg High School. Pada usia 15 tahun, misalnya, ia membuat sebuah dispatch software yang masih digunakan oleh sebagian perusahaan taksi saat ini.

Sempat mengenyam bangku kuliah di Missouri University of Science and Technology, Dorsey pindah ke New York University. Namun, seolah-olah "mengikuti tradisi" para pendiri perusahan teknologi seperti Bill Gates dan Steve Jobs (yang juga diikuti oleh Zuck), Jack drop out dari kuliah sebelum menerima gelar akademik.

Ia pun pindah ke Oakland, California, dan pada tahun 2000 memulai sebuah perusahaan yang menawarkan dispatch software melalui web.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Facebook Vs Twitter

2. Facebook vs Twitter

Facebook menjadi jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Per Desember 2015, menurut data yang dirilis di News Room resminya, Facebook mengantongi 1,04 miliar pengguna aktif harian (daily active users). Dari angka tersebut, 934 juta di antaranya merupakan pengguna mobile.  

Selain itu, 83,6 persen dari pengguna aktif hariannya berada di luar Amerika Serikat dan Kanada. Terkait pengguna aktif bulanan (monthly active users), perusahaan yang memiliki 12.691 karyawan di seluruh dunia ini, per 31 Desember 2015 memiliki 1,44 miliar orang pengguna aktif bulanan. Terakhir, Facebook memiliki 14 kantor di Amerika Serikat, 35 kantor yang tersebar di kota-kota di seluruh dunia, serta empat pusat data.

Bagaimana dengan Twitter? Merujuk pada data resmi yang dirilis Twitter, per 31 Desember 2015, Twitter memiliki 320 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users) dengan 79 persen pemilik akun berada di luar Amerika Serikat. Dari total pengguna tadi, 80 persen di antaranya mengakses Twitter dari perangkat mobile.

Lebih lanjut, data itu menyebutkan Twitter mengantongi 1 miliar kunjungan per bulan ke website Twitter dengan kicauan yang disematkan (embedded tweet). Berkenaan dengan karyawan dan kantor, Twitter memiliki 3900 karyawan di seluruh dunia, dengan 40% di antara mereka bergelut di bidang teknis dan 35 lebih kantor di seluruh dunia dengan dukungan terhadap lebih dari 35 bahasa.

3 dari 3 halaman

Kekayaan, Keluarga, dan Hal Unik

3. Kekayaan

Informasi mengenai kekayaan kami himpun dari Forbes. Menurut data Forbes, per 18 April 2016, kekayaan Mark Zuckerberg mencapai US$ 47,8 miliar. Angka tersebut membuatnya berada di urutan pertama pada daftar pengusaha Amerika terkaya di bawah 40 tahun (2015) dan urutan ke-4 orang terkaya di industri teknologi (2015).

Adapun Jack Dorsey, juga menurut data Forbes, per 18 April 2016 memiliki kekayaan dengan nilai total US$ 1,4 miliar. Angka ini cukup untuk membuatnya bersanding di urutan ke-11 dalam daftar pengusaha terkaya Amerika di bawah 40 tahun (2015) dan urutan ke-92 orang terkaya di industri teknologi (2015).

4. Keluarga

Terhitung sejak 19 Mei 2012 Zuckerberg menikahi Priscilla Chan. Mereka dikaruniai seorang putri cantik bernama Max, yang lahir pada Rabu, 2 Desember 2015 lalu. Zuck terhitung cukup rajin mengunggah foto yang menunjukkan kebersamaan dirinya dengan putrinya, Max.

Sementara Jack Dorsey hingga saat ini masih belum ada di ikatan pernikahan. Namun, dua wanita yang pernah dikabarkan dekat dengannya adalah Kate Greer dan Lily Cole.

5. Hal Unik

Dalam sebuah e-mail yang dikirimkan ke Fortune, Zuckerberg mengatakan ia hanya memakan daging hewan yang ia sembelih sendiri.

Mengenai gaya hidup barunya yang ia mulai sejak 2011, ia meminta saran dari koki di Sillicon Valley, Jesse Cool, yang hadir pada saat Zuckerberg pertama kali menyembelih ayam, babi, dan kambing.

"Dia memutuskan tenggorokan kambing dengan sebuah pisau, yang merupakan cara terbaik untuk 'membunuh' hewan," ucap Cool.

Kemudian siapa sangka bila Jack Dorsey ternyata pernah secara serius mempelajari seluk-beluk tentang bunga di bawah bimbingan Missouri Botanical Garden dan mendesain celana jeans sendiri.

Selain itu, ia merupakan terapis pijat terlatih. Ia pernah menghabiskan waktu setahun untuk menjalani kelas sertifikasi terapi pijat profesional.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini