Sukses

Petinggi Facebook Mundur Setelah 8 Tahun Bekerja untuk Zuckerberg

Setelah bekerja lebih dari delapan tahun, seorang petinggi Facebook Mike Vernal memutuskan mundur, kenapa?

Liputan6.com, California - Setelah lebih dari delapan tahun berkarier di jejaring sosial, terbesar salah satu petinggi Facebook Mike Vernal memutuskan untuk mengundurkan diri.

Informasi dari laman Forbes yang dikutip Tekno Liputan6.com, Selasa (19/4/2016), menyebut Vernal menjabat sebagai Facebook Vice President of Search, Local, and Developer Products. Saat ini, ia pindah ke firma kapital Sequoia Capital dan menjabat sebagai investor.

Senin waktu setempat, Vernal mengumumkan kepindahannya melalui akun Facebook. Pria kelahiran 7 September 1980 merupakan bawahan langsung dari CEO Facebook Mark Zuckerberg. Selain itu, di perusahaan berusia 14 tahun itu dirinya mengerjakan tugas yang berkaitan dengan niaga Facebook.

Facebook sendiri dikabarkan belum berencana untuk mencari pengganti Vernal dan justru mengalihkan tanggung jawab yang selama ini diusung Vernal kepada manager lainnya.

Baru-baru ini Vernal memimpin upaya Facebook untuk ekspansi pencarian. Dengan rencana tersebut nantinya, aplikasi Facebook tidak hanya memungkinkan pengguna mencari konten foto tetapi juga memungkinkan pengguna mencari informasi dan event publik.

"Salah satu hal terpenting yang saya pelajari di Facebook adalah sebuah tim kecil yang memiliki visi untuk mengubah dunia. Sementara, Sequoia Capital memiliki sejarah panjang untuk membantu tim kecil menciptakan perusahaan yang memiliki dampak besar bagi dunia," kata Vernal dalam unggahannya.

Facebook baru-baru ini memfokuskan diri pada live video untuk mengembangkan tools pencarian. Kehadiran fitur di semua bidang dipercaya ini dapat membuat pengguna saling terhubung satu sama lain secara real time serta meningkatkan volume pencarian.

Minggu lalu, jejaring sosial dengan dari 1 miliar pengguna tersebut menyelenggarakan konferensi F8. Kala itu, Zuckerberg menjelaskan mengenai visi perusahaan dalam 10 tahun ke depan, di antaranya adalah fokus pada fitur perpesanan, kecerdasan buatan, konektivitas, dan virtual reality.

Facebook melalui juru bicaranya mengatakan, Mike Vernal telah menjadi bagian tim Facebook. "Kami sedih kehilangan dia, namun kami bangga atas langkah kariernya serta mendoakan yang terbaik untuk Vernal," ujarnya dalam pernyataan resmi.

Vernal mengungkap ia akan memulai karier di Sequoia dalam beberapa bulan ke depan. Perusahaan modal tersebut juga menginvestasikan dana yang besar untuk dua aplikasi milik Facebook, yakni WhatsApp dan Instagram. Dikabarkan, Vernal mengenal perusahaan itu selama menjabat sebagai Facebook Platform Head yang bekerja dengan berbagai startup.

Sementara itu, partner Sequoia Bryan Schreier menyebut pihaknya tidak merekrut orang-orang seperti Vernal. "Orang-orang seperti dia memilih perusahaan, pengalamannya di Facebook akan sangat berharga dalam membangun perusahaan," ucapnya.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini