Sukses

6 Tips Ini Wajib Diketahui Pengguna Android

Berikut adalah 6 tips sederhana dan berguna yang harus diketahui setiap pengguna Android.

Liputan6.com, Jakarta - Android adalah sistem operasi dengan sumber terbuka, yang memungkinkan perangkat lunak untuk dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan oleh para pembuat perangkat, operator nirkabel, dan pengembang aplikasi.

Dengan basis pengguna lebih dari satu miliar orang, menjadikannya sebagai sistem operasi telepon pintar yang paling banyak digunakan di dunia. Perkembangan OS Android ini memang semakin canggih dan telah menerima perbaikan dan pembaruan yang sangat signifikan.

Banyak sekali fitur dan trik-trik baru, yang harus kamu gunakan untuk membuatnya mudah dioperasikan dan berguna. Berikut adalah 6 tips yang sederhana dan berguna yang harus diketahui setiap pengguna Android.

1. Safe Mode
Sama seperti komputer, Android juga memiliki Safe Mode. Misalnya jika kamu menemukan masalah-masalah tertentu, dengan ke Safe Mode kamu dapat mengetahui masalah yang ada karena aplikasi yang kamu install atau merupakan masalah pada perangkat lunak.

Begini cara masuk ke Safe Mode:
- Langkah pertama adalah mematikan ponsel terlebih dahulu.
- Selanjutnya, tekan dan tahan tombol Power bersamaan dengan tombol volume (-).
- Saat ponsel sudah mulai menyala bisa langsung melepaskan tombol tersebut.
- Ponsel akan langsung masuk ke Safe Mode.
- Fitur Safe Mode yang aktif akan memberikan tanda pesan bacaan pada layar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Menyembunyikan File dengan Folder .nomedia
Setiap orang tentunya memiliki beberapa file pribadi, yang tidak ingin orang lain lihat. Untuk menyembunyikan file tersebut ternyata kamu tidak perlu pakai aplikasi tambahan lho. Kamu hanya perlu membuat folder baru dengan nama .nomedia dalam folder yang berisi file yang ingin kamu sembunyikan.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.