Sukses

Unik, Penjepit Jemuran Ini Mampu Pantau Kondisi Cuaca

Penjepit jemuran bernama Peggy ini membantu pengguna yang tengah menjemur pakaian mengetahui perubahan kondisi cuaca terkini

Liputan6.com, Jakarta - Era penggunaan perangkat pintar untuk mendukung kehidupan sehari-hari kian dekat. Saat ini sejumlah perusahaan sudah mulai mengembangkan produk pintarnya sebelum siap dilepas ke pasaran.

Salah satunya dilakukan oleh perusahan deterjen asal Australia OMO. Perusahaan tersebut baru saja memperkenalkan purwarupa (prototipe) sebuah penjepit jemuran pintar, yang memiliki fungsi mengetahui kondisi cuaca. 

Penjepit pakaian bernama Peggy ini dilengkapi beberapa komponen seperti termometer, sensor ultraviolet, dan pengukur kelembapan. Dikutip dari laman Engadget, Kamis (21/4/2016), Peggy tak hanya berfungsi sebagai penjepit pakaian, tetapi juga mampu memantau perubahan cuaca di sekitarnya.

Nantinya, jika ada perubahan cuaca--semisal hujan--Peggy akan memberikan notifikasi ke smartphone pengguna melalui jaringan Wi-Fi. Jadi, pengguna yang sedang sibuk, atau berada di luar rumah, dapat mengetahui kondisi jemurannya. 

OMO juga disebut akan mengembangkan alat untuk membuat aplikasi yang dapat mendukung penggunaan OMO. Aplikasi itu nantinya dapat memberikan informasi waktu paling tepat bagi seseorang untuk mencuci pakaian.  

Jadi, aplikasi tersebut dapat memperkirakan waktu bagi pengguna untuk mencuci pakaian sebelum turun hujan. Bahkan, aplikasi ini dapat memberikan notifikasi ketika mesin cuci yang digunakan selesai melakukan proses pencucian. 

Saat ini Peggy masih dalam tahap uji coba terbatas untuk wilayah Australia. Namun, OMO sudah membuka pendaftaran untuk pengguna yang tertarik menggunakan Peggy ketika produk tersebut sudah siap melantai di pasaran.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini