Sukses

Huawei Bantah Isu Leica Tak Terlibat dalam Pembuatan Kamera P9

Leica disebut sangat terlibat dalam pengembangan kamera Huawei P9.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelumnya, sempat tersiar kabar mengenai keterlibatan Leica pada smartphone Huawei terbaru, yakni Huawei P9. Perusahaan kamera asal Jerman tersebut ternyata tak banyak ikut serta dalam pengembangan kamera pada Huawei P9.

Embel-embel Leica yang disematkan pada smartphone tersebut dikabarkan hanya bagian dari branding semata. Namun, Huawei segera menampik kabar tersebut. 

Perusahaan asal Tiongkok itu menyebutkan, Leica sangat terlibat dalam pengembangan perangkat tersebut.

"Huawei P9 dan P9 Plus adalah hasil dari kolaborasi pertama antara Huawei dan Leica, mengikuti kesepakatan kemitraan jangka panjang yang diumumkan pada bulan Februari," ujar Huawei dalam keterangan resmi yang diterima Tim Tekno Liputan6.com, Jumat (22/4/2016).

Dalam pernyataan tersebut, Huawei memastikan bahwa Leica memiliki kontribusi yang signifikan dalam pengembangan kamera Huawei P9.

Kontribusi Leica sendiri meliputi desain optik, kualitas pencitraan, pengolahan data, citra, optimasi, dan kontruksi mekanik dari modul kamera ke antarmuka pengguna grafis.

Tak hanya itu, Huawei juga menuturkan bahwa kamera Huawei P9 telah memenuhi standar kualitas pencitraan tertinggi Leica. Oleh karena itu, Huawei menegaskan laporan yang berkembang baru-baru ini merupakan hal yang tidak benar dan keliru.

Sebelumnya, sempat tersiar kabar bahwa Leica ternyata tak ikut membesut kamera P9 meskipun namanya terpampang pada smartphone tersebut. Kamera P9 ternyata dibuat oleh perusahaan Tiongkok bernama Sunny Optical Technology of China.

Perusahaan itu dikenal sebagai pemasok modul kamera ponsel terbesar di dunia. Hanya saja, nama itu jarang digunakan dalam proses pemasaran, sehingga tak banyak yang mengenal perusahaan tersebut.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini