Sukses

Hati-hati, 5 Aplikasi ini Ternyata Menguras Paket Data

Sejumlah aplikasi ini ternyata begitu menguras paket data Anda, bagaimana cara menanganinya?

Liputan6.com, Jakarta - Layanan paket data internet Anda cepat habis meski pemakaian wajar? Mungkin penyebabnya adalah aplikasi-aplikasi ini.

Laman CNET yang dikutip Tekno Liputan6.com, Rabu (27/4/2016), merangkum ada lima aplikasi yang rupanya menguras paket data. Kelimanya ternyata adalah aplikasi yang paling sering kita gunakan.

1. Facebook

Aplikasi Facebook selain menghabiskan kapasitas memori, juga menguras layanan data Anda. Setelah ditelisik, penyebabnya adalah fitur autoplaying video yang ada di dalamnya.

Untuk menyelamatkan kuota data, Anda dapat membatasi penggunaan autoplay video, yakni memilih autoplay hanya untuk koneksi Wi-Fi saja. Sehingga, fitur ini akan aktif jika ponsel terhubung dengan Wi-Fi. Opsi kedua adalah menonaktifkan fitur tersebut.

Bagaimana caranya? Pertama, buka aplikasi Facebook, tap tombol More pada sudut kanan, kemudian tap Setting. Selanjutnya, pilih Account Setting, tap Video and Photos, kemudian pilih On Wi-Fi Connections Only atau Never Autoplay Video.
facebook-data-usage.jpg

2. Instagram

Layanan video yang digaungkan oleh berbagai jejaring sosial rupanya akan sangat menguras data jika penggunanya mengaktifkan fitur autoplay video.

Serupa dengan Facebook, Instagram juga memiliki fitur memainkan video secara otomatis alias preloading video and photo. Untuk menghemat kuota data, dibutuhkan pengaturan terutama ketika pengguna berada di koneksi seluler.

Caranya dengan membuka aplikasi Instagram kemudian masuk ke laman Profile dan buka Settings. Selanjutnya, tap Celllular Data Use kemudian pilih Use Less Data. Meski pengaturan ini tidak akan menghentikan autoplaying video, namun akan melambatkan preloading video.

Setelah memilih Use Less Data, Instagram akan memberitahu, dengan pengaturan Use Less Data, 'memuat video mungkin akan memakan waktu lebih lama.'

instagram-data-usage.jpg

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Twitter dan Spotify

3. Twitter

Sama dengan Facebook, hal yang membuat Twitter jadi aplikasi yang paling menguras kuota data adalah fitur Autoplay Video-nya. Nah, jika Anda adalah pengguna aktif Twitter melalui aplikasi, pengaturan autoplay video tampaknya harus diatur sedemikian rupa.

Bagaimana agar video yang diunggah di Twitter tidak otomatis terputar? Caranya dengan membuka aplikasi Twitter, tap tombol Me pada sudut kanan bawah. Kemudian, tap ikon gear di bagian atas laman profil Anda lalu pilih Settings.

Selanjutnya, di bagian General section, tap Video Autoplay lalu pilih salah satu, apakah pemutaran video otomatis akan menggunakan Wi-Fi atau nonaktifkan fitur autoplay video.

4. Spotify

Baru-baru ini, Indonesia kedatangan layanan streaming musik, Spotify. Penggunaan data yang cukup besar membuat pengguna harus lebih selektif.

Katalog musik yang cukup lengkap memang memikat, tetapi jika Anda adalah pengguna yang memperhatikan penggunaan data mungkin bisa ikuti langkah ini, terutama jika Anda adalah pelanggan premium.

Fitur premium memungkinkan album tersedia secara offline, sehingga ketika tidak mengaktifkan paket data, Anda tetap bisa memutar lagu.
spotify-data-usage.jpg


Pertama-tama, saat melihat sebuah album yang Anda suka, pilih pengaturan Available Offline. Kemudian secara otomatis Spotify akan mengunduhkan album tersebut untuk Anda, jadi bisa memutar lagu tanpa harus streaming.

Cara kedua dengan mengatur kualitas streaming, dengan membuka Setting dan tap Streaming Quality. Kemudian Anda akan melihat empat opsi, yakni Automatic, Normal, High, dan Extreme. Pilihlah kualitas Normal agar tidak begitu banyak memakan kuota data Anda.
3 dari 3 halaman

YouTube

5. YouTube

Kabar baiknya, YouTube tidak akan memainkan video secara otomatis tanpa Anda klik play. Namun serupa layanan lainnya, memutar sebuah video akan menghabiskan paket data Anda.

youtube-data-usage.jpg


Oleh karenanya, layanan berbagi video milik Google ini menawarkan pengaturan untuk memutar video berkualitas HD hanya jika Anda terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Bagaimana cara mengaturnya? Pertama, buka YouTube, tap tombol titik tiga yang terdapat pada sudut kanan atas. Kemudian tap Setting, tap Turn on Play HD on Wi-Fi only.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.