Sukses

Berapa Harga Smartphone yang Paling Diminati Orang Indonesia?

Kira-kira, berapa kisaran harga smartphone yang paling diminati orang Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone kelas low-end hingga hig-end membanji pasar ponsel Tanah Air. Kira-kira, berapa kisaran harga smartphone yang paling diminati orang Indonesia?

Data International Data Corporation (IDC) menunjukan bahwa ponsel yang banyak diminati konsumen Indonesia berada di kisaran harga Rp 1-3 jutaan dengan besaran market share 30 persen.

Berdasarkan data itu, penyedia perangkat mobile asli Indonesia, Advan, terus menghadirkan smartphone di rentan harga tersebut, yang mana disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

“Semuanya (pelaku industri ponsel) mengarah ke sana, pemainnya banyak. Nah, Advan ada di peringkat keempat sebagai smartphone terlaris sepanjang 2015," kata Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan kepada Tekno Liputan6.com, Kamis (28/4/2016) di Jakarta.

Ia menuturkan, konsumen rata-rata hanya hafal lima merek smartphone. Agar diingat konsumen, Advan berusaha untuk tetap masuk sebagai lima besar smartphone terlaris di Indonesia.

"Caranya adalah dengan menghadirkan produk seharga sekitar Rp 1 juta sampai Rp 3 jutaan, tetapi tetap worth it. Artinya, walaupun harga Rp 1 juta, tapi cita rasa dan fiturnya di atas Rp 2-3 jutaan,” ujarnya.

Advan sendiri berencana akan memborbardir pasar handset Tanah Air dengan 50 varian produk terbaru pada tahun ini. Sebagian besar dari total produk adalah smartphone.

"Tahun ini kita rencananya akan ada 50 seri produk baru yang merupakan gabungan dari smartphone dan tablet. 80 persennya adalah smartphone," kata Tjandra, belum lama ini.

Ia mengungkapkan, nantinya dari total produk terbaru tetap akan didominasi yang mendukung jaringan 3G. Pasalnya, hanya akan ada sekira 10-15 seri produk yang mendukung jaringan 4G LTE.

Tjandra beralasan, jangkauan 4G LTE yang belum merata menjadi salah satu penyebab perangkat 3G masih mendominasi, sehingga Advan tidak bisa begitu saja mendominasi produknya dengan perangkat 4G LTE.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.