Sukses

4 Trik Bikin Foto Artistik dengan VSCO Cam

VSCO Cam merupakan aplikasi photo-editing yang sangat mudah digunakan. Berikut trik membuat foto artistik dengan VSCO Cam.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi VSCO Cam merupakan salah satu aplikasi photo-editing yang cukup terkenal di kalangan anak muda. Apalagi bagi Anda yang juga pengguna Instagram. 

Biasanya, pengguna gemar memberi sedikit 'sentuhan' di VSCO Cam sebelum mengunggahnya di aplikasi berbagi foto tersebut. Filter yang dimiliki VSCO Cam cukup menyihir mata karena hasil fotonya terlihat apik.

Sebetulnya, tak hanya Instagram, Anda juga bisa memamerkan hasil editan VSCO Cam di berbagai jejaring sosial lain, seperti Facebook, Path, atau bahkan blog Anda.  

Lalu, apa saja yang perlu kamu ketahui soal aplikasi ini? Tim Tekno Liputan6.com akan mengulas singkat tentang trik membuat foto artistik dengan VSCO Cam.

1. Filter Foto

Daya tarik aplikasi ini terletak pada beragam filter-nya. Ada 10 filter di aplikasi ini. Namun, filter cukup banyak digunakan adalah C1 dan F2. Ke-2 filter tersebut menghasilkan sebuah foto yang 'cerah' dan kontras, serta menonjolkan warna. Filter ini cocok untuk memberikan sentuhan artistik pada foto-foto luar ruang, seperti pantai, pegunungan, atau pemandangan.

Salah satu filter aplikasi VSCO Cam. (Liputan6.com/Corry Anestia)
Filter-filter lain juga tak kalah menariknya untuk memberikan hasil foto yang apik dan sinematik. Ada pula filter T1 yang mampu menampilkan sisi sendu, gelap, namun terkesan lembut. Anda yang gemar dengan foto-foto pemandangan saat mendung atau hujan, sangat cocok menggunakan filter ini.

2. Resolusi Gambar
Jangan lupakan resolusi sebuah gambar! Hal ini wajib Anda tahu karena begitu Anda mengimpor foto ke VSCO Cam, aplikasi itu akan mengonversi resolusi gambar Anda. Apabila sejak awal resolusi foto Anda terlalu kecil, hal ini akan kurang memaksimalkan aktivitas penyuntingan foto karena gambar menjadi pecah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksplorasi Fitur

3. Eksplorasi Fitur
Nilai tambah aplikasi milik Visual Supply Company ini adalah sangat user-friendly atau mudah digunakan. Saking mudahnya, mungkin Anda 'melupakan' beberapa fitur bermanfaat yang sebetulnya cukup penting untuk mempercantik foto. Fitur-fitur ini dapat Anda temukan seusai Anda mengaplikasikan sebuah filter.

fitur
fitur
Edit foto bukanlah perkara penambahkan filter saja. Beberapa fitur ini patut Anda coba di antaranya adalah Horizontal Perspective, Straighten, Sharpen, dan Shadows. Apa saja fungsinya? Isu-isu minor yang biasa dijumpai saat mengedit foto adalah kurang tajamnya gambar atau gambar kurang proporsional atau miring. 

Atau kamera yang kurang bagus resolusinya bisa membuat wajah Anda tertutup cahaya sehingga menjadi gelap. Untuk mengakali hal-hal di atas, Anda dapat menggunakan fitu-fitur tersebut. Anda bisa mempertajam gambar, membetulkan posisi gambar, atau meningkatkan level bayangan supaya wajah Anda dapat terlihat.

fitur
fitur
4. Siapkan Ruang Memori
Terakhir, aplikasi VSCO Cam cukup banyak memakan ruang. Pastikan siapkan ruang banyak di memori Anda sehingga Anda dapat menyimpan hasil editan foto dalam berbagai ukuran resolusi (small, medium, large, original). Ruang memori yang 'luas' juga dibutuhkan agar tidak terjadi bug (force closed).

(Cas/Isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini