Sukses

Ulang Tahun PKI, Palu Arit dan Ucapan Selamat Ramai di Twitter?

Segelintir orang membicarakan mengenai penggunaan kaos palu arit dan mengucapkan selamat ultah ke PKI di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingatkah Anda dengan Partai Komunis Indonesia (PKI)? Bulan Mei tahun 1924 dijadikan sebagai tanda PKI berdiri.

Tanggal 9 Mei 2016, segelintir akun di jejaring sosial Twitter pun menyebutnya sebagai hari lahir organisasi yang mulanya fokus menyatukan buruh di Indonesia.

Salah satunya, pemilik akun Twitter @SurYosodipuro dengan nama akun GerakanSatuIndonesia telah aktif mencuit mengenai ulang tahun PKI sejak beberapa jam lalu.

"Sedikit info. Para PKI malam tadi sdh mulai berangkat dari daerah masing" menuju kota madiun jawa timur," tulisnya.

Kemudian, ia melanjutkan menulis para PKI ini akan merayakan ulang tahun di Madiun dengan tema 'Kembali ke rumah kita yang sudah lama ditinggalkan.'

Bahkan, akun tersebut mengumbar dalam perayaan akan dibicarakan mengenai rencana pencalonan anak mantan pimpinan PKI DN Aidit, Ilham Aidit menjadi ketua umum PKI.

Tidak hanya itu, sejumlah kota dan wilayah pun telah mendapatkan distribusi kaos palu arit yang merupakan lambang PKI untuk merayakan hari lahir partai.

Menanggapi hal itu, beberapa pengguna Twitter pun mencuit ucapan selamat ulang tahun untuk PKI.

Selain PKI, pengguna Twitter juga cukup banyak yang mencuitkan mengenai kaos palu arit. Sebab, kaos bergambar palu arit memang kabarnya sudah dijual di beberapa tempat.

Seperti disebutkan, palu arit dulunya memang lekat dengan PKI. Simbol palu dan arit sendiri waktu itu tergambar pada bendera PKI yang berwarna merah.

Beberapa tweet bernada serius dan guyonan pun mulai bermunculan yang membahas mengenai kaos palu arit ini.

Pemilik akun @TofaLemon misalnya menuliskan jika ingin menangkap penjual kaos palu airt, lebih baik aparat fokus menangkap pimpinan parpol yang akan menyelenggarakan ulang tahun PKI. 


(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.